5 Cara Cepat Turunkan Kolesterol, Nomor 3 Paling Gampang

Selasa, 13 September 2022 - 10:03 WIB
loading...
A A A
Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam darah. Terlalu banyak kolesterol dapat menyebabkan penyakit jantung. Diet rendah lemak jenuh dan lemak trans dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Contoh makanan yang tinggi lemak jenuh dan lemak trans antara lain daging berlemak, produk susu penuh lemak, mentega dan gorengan.

2. Berhenti Merokok

Berhenti merokok memiliki banyak manfaat, termasuk mengurangi kadar kolesterol. Setelah seseorang merokok, kadar kolesterol jahat dalam darah meningkat. Hal ini dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri, membatasi aliran darah dan meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Namun, berhenti merokok dapat membantu menurunkan kadar jahat dan mengurangi risiko masalah kardiovaskular ini.

Berhenti merokok juga dapat meningkatkan kolesterol baik. Kolesterol jenis ini membantu menghilangkan kolesterol jahat dari aliran darah dan mencegahnya menumpuk di arteri.

3. Tidur selama 7-9 Jam Semalam

Kurang tidur telah dikaitkan dengan kadar kolesterol yang lebih tinggi. Tidur yang cukup sangat penting untuk menjaga kadar kolesterol yang sehat. Tidur membantu tubuh mengatur metabolisme dan mengurangi peradangan.

Ketika tidak cukup tidur, tubuh memproduksi lebih banyak hormon stres kortisol, yang dapat meningkatkan peradangan dan menyebabkan kolesterol lebih tinggi.

Selain itu, ketika kurang tidur, tubuh cenderung membuat pilihan makanan yang tidak sehat dan makan makanan tinggi lemak jenuh, yang juga dapat berkontribusi pada kadar kolesterol yang lebih tinggi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1006 seconds (0.1#10.140)