3 Jenis Kolesterol yang Harus Anda Waspadai

Selasa, 13 September 2022 - 15:00 WIB
loading...
3 Jenis Kolesterol yang Harus Anda Waspadai
Kolesterol sejatinya dibutuhkan manusia untuk metabolisme di dalam tubuh. Namun, kelebihan kolesterol yang merugikan bisa berimbas fatal bagi kesehatan, maka itu Anda perlu mewaspadainya. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Kolesterol sejatinya dibutuhkan manusia untuk metabolisme di dalam tubuh. Namun, kelebihan kolesterol yang merugikan bisa berimbas fatal bagi kesehatan, maka itu Anda perlu mewaspadainya.

Diketahui, tidak semua kolesterol memiliki dampak buruk untuk tubuh. Sebab, ada kolesterol yang justru memberi dampak baik seperti memproduksi hormon dan vitamin D. Di sisi lain, ada juga kolesterol yang mesti diwaspadai oleh Anda karena memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Nah, berikut ini tiga jenis kolesterol yang mesti diwaspadai.



1. Kolesterol LDL – Lipoprotein Densitas Rendah


Kolesterol LDL sering disebut sebagai kolesterol jahat . Fungsinya adalah membantu mengantarkan kolesterol ke sel lain yang berguna untuk kesehatan. Tetapi, kolesterol LDL bila jumlah yang beredar dalam darah berlebihan, maka akan menimbulkan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan lain-lain.

2. Kolesterol HDL – Lipoprotein Densitas Tinggi

Kolesterol HDL disebut juga kolesterol baik . Fungsinya membantu mengembalikan kolesterol LDL dari arteri ke hati. Kolesterol ini dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Makanya, jika kolesterol HDL Anda rendah, itu akan berbahaya bagi tubuh.

3. Trigliserida

Trigliserida merupakan lemak yang paling umum di dalam tubuh. Jika pada tubuh Anda tingkat trigliseridanya tinggi dan dikombinasikan dengan kolesterol LDL yang juga tinggi serta HDL yang rendah, maka akan terjadi penumpukan lemak pada dinding arteri tubuh. Hal ini bakal meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2548 seconds (0.1#10.140)