Kemenkes Targetkan 4,6 Juta Imunisasi PCV untuk Lindungi Anak Indonesia dari Pneumonia

Rabu, 14 September 2022 - 08:24 WIB
loading...
Kemenkes Targetkan 4,6 Juta Imunisasi PCV untuk Lindungi Anak Indonesia dari Pneumonia
Kemenkes RI berupaya memberikan perlindungan terhadap anak-anak Indonesia dari Pneumonia dengan menargetkan 4,6 juta imunisasi PCV. / Foto: ilustrasi/contagionlive.com
A A A
JAKARTA - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia berupaya memberikan perlindungan terhadap anak-anak di Indonesia dari Pneumonia dengan menargetkan 4,6 juta imunisasi PCV.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI, Maxi Rein Rondonuwu mengutarakan bahwa vaksin tersebut disebar di seluruh Indonesia.

Untuk diketahui, vaksin Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV) digunakan untuk melindungi anak dan balita dari penyakit berbahaya termasuk pneumonia atau radang paru.

Baca juga: Umumkan Kehamilan Anak Kedua, Dinda Hauw dan Rey Mbayang Minta Doa Terbaik

"Hari ini kita mencanangkan imunisasi PCV secara nasional dengan sasaran sekitar 4,6 juta anak di seluruh Indonesia," ungkap Maxi dalam Sehat Negeriku di laman Kemenkes, Rabu (14/9/2022).

Menurutnya, PCV di beberapa daerah terbukti aman dan efektif menurunkan kasus baru pneumonia. Sayangnya, cakupannya masih sangat rendah.

Pada pelaksanaannya, penyuntikan imunisasi PCV dilakukan dengan cara intramuskular atau injeksi di bagian paha kiri dengan dosis 0,5 ml.

Pemberian imunisasi PCV diberikan sebanyak 3 dosis yakni saat anak berusia 2 bulan, 3 bulan dan 12 bulan sebagai imunisasi lanjutan.

Sehubungan dengan ketersediaan vaksin PCV, Maxi memastikan kecukupan stok dan distribusi terjaga seiring dengan pencanangan nasional imunisasi PCV.

Kebijakan pemberian imunisasi PCV di Indonesia ini sendiri telah dimulai sejak 2017 di beberapa kabupaten di Lombok Barat dan Lombok Timur.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1578 seconds (11.210#12.26)