Sandiaga Uno Dorong Agrowisata Tanjung Sakti Jadi Desa Wisata

Rabu, 14 September 2022 - 13:29 WIB
loading...
Sandiaga Uno Dorong Agrowisata Tanjung Sakti Jadi Desa Wisata
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat berkunjung di Agrowisata Tanjung Sakti, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatra Selatan, Rabu (14/9/2022). Dok/Kemenparekraf
A A A
LAHAT - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pengembangan pariwisata berbasis alam, adventure, dan olahraga saat berkunjung di Agrowisata Tanjung Sakti, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatra Selatan, Rabu (14/9/2022).

"Saya sangat bahagia bahwa pariwisata yang bangkitnya diawali oleh inisiatif dari Pak Wali ini menjadi tempat kunjungan sampai 10 ribu per hari pasca Lebaran kemarin," ujar Sandiaga Uno.

Ia melihat jumlah kunjungan ke obyek wisata di Agrowisata Tanjung Sakti maupun obyek wisata lainnya di Sumatra Selatan hampir sama jumlahnya dengan wisawatan yang berkunjung ke Bali.

Baca Juga : Luar Biasa, Terbang & Nginep Bisa Dapat Diskon s.d Rp500.000! Buruan Simak Caranya

"Jadi kalau bisa dibandingkan, Bali hari ini menarik wisatawan mancanegara 10 ribu per hari, jadi ini kalau dari jumlah manusianya hampir sama. Kualitasnya harus ditingkatkan kenapa, karena ini menjadi tempat kebangkitan ekonomi kita," ungkap Sandiaga Uno.

Dampak dari banyaknya kunjungan wisatawan yang berlibur di Agrowisata Tanjung Sakti, kata Sandiaga Uno, bisa membuka peluang ekonomi hingga penciptaan lapangan kerja.

"Tadi Pak Wali cerita banyak lapangan kerja yang terbuka. Tadi juga ada petani-petani yang produk-produk lokal UMKM nya sudah tidak perlu jauh-jauh di bawa tapi bisa dikonsumsi di sini.Juga para pedagang-pedagang merasakan peningkatan dari ekonominya dan inilah kebangkitan ekonomi kita untuk penciptaan kesejahteraan masyarakat," terangnya.

Sandiaga Uno juga berterima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan terkait yang bersama-sama memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Sumatra Selatan.

"Saya ucapkan terima kasih. Saya minta Pemda meneruskan inisiatif, dan jaga kelestarian lingkungan, jaga juga kearifan lokal budaya setempat," ucap Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno berharap di tahun depan wilayah di sekitar Agrowisata Tanjung Sakti bisa didorong menjadi Desa Wisata.

"Tahun depan saya ingin menawarkan jika kelembagaan ini sudah diresmikan melalui SK-nya Pak Bupati menjadi desa wisata, kita bisa angkat ini sebagai desa wisata, sehingga masyarakat setempat menjadi bagian dari pengembangan destinasi ini," jelas Sandiaga Uno.

Ia menyebutkan banyak peluang dan beragam obyek wisata yang bisa dikembangkan di sekitar Agrowisata Tanjung Sakti.

"Kalau disini idenya banyak sekali kalau saya lihat berbasis sungai ini rafting sudah arung jeram, yang belum mungkin yang berkaitan dengan outbound ini ada camping ground, nanti bisa dilengkapi dengan flying fox, bisa juga dilengkapi dengan hiking maupun thrill running, dan teman-teman masata disini bisa melihat beberapa agrowisata di Malang, pengalaman seperti memetik buah," tuturnya.



Selain itu, berbagai alternatif wisata petik buah dan pengembangan infrastruktur akses jalan akan diupayakan pihak Kemenparekraf berkoordinasi dengan stakeholder terkait agar dapat semakin menciptakan lapangan kerja dan mendorong kebangkitan ekonomi.

"Tadi Pak Wali cerita di sini selain kopi ada juga buah durian, jeruk, apel juga ada. Ini menjadi daya tarik sendiri. Ini menjadi daya tarik tersendiri dan ini wisata yang sangat cocok untuk keluarga di akhir pekan. Tadi permintaan untuk dibangunkan infrastruktur jalan yang bisa dijangkau dari Palembang atau Bengkulu yang tidak terlalu lama," tandas Sandiaga Uno.
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1815 seconds (0.1#10.140)