7 Kopi Termahal di Dunia, Nomor 5 dari Indonesia

Rabu, 14 September 2022 - 14:37 WIB
loading...
7 Kopi Termahal di Dunia, Nomor 5 dari Indonesia
Kopi termahal di dunia harganya mencapai hingga puluhan juta rupiah. Foto DOK Ist
A A A
JAKARTA - Kopi termahal di dunia harganya mencapai hingga puluhan juta rupiah. Meminum kopi saat ini telah menjadi gaya hidup dan bahkan merupakan kebudayaan di sejumlah negara .

Saat ini kopi telah lebih diproduksi dari 70 negara di dunia yang mayoritas berada di daerah garis khatulistiwa. Tanaman kopi memang dapat tumbuh dengan baik di iklim tropis.

Baca juga : Kopi Tirto, Secangkir Kopi Merawat Bumi

Melansir dari laman worldpopulationreview.com, Brazil menjadi negara penghasil kopi terbesar di dunia yang dapat menghasilkan 5 miliar pound kopi per tahunnya. Sementara Indonesia berada di posisi ke empat dengan menghasilkan 1,4 miliar per tahun.

Meskipun begitu kopi termahal di dunia bukanlah berasal dari Brazil. Seperti dilansir dari coffeeaffection.com, ada beberapa hal yang membuat kopi begitu mahal yang diantaranya biaya pembuatan, tingginya permintaan hingga kualitas produk.

Berikut tujuh kopi termahal di dunia tahun 2022 dilansir dari laman Coffe Affection :

1. El Injerto Geisha

Kopi ini berasal dari perkebunan El Injerto yang berada di Guatemala, Negara yang terletak di wilayah Amerika Tengah.

Untuk satu pound atau per setengah kilogram kopi ini dihargai USD 50 atau sekitar Rp746 ribu. Dikatakan bahwa kopi ini memiliki aroma yang harum.

2. Koa Coffee Kona

Biji kopi ini berasal dari gunung berapi di Mauna Loa, salah satu tempat di Kepulauan Hawai. Proses dari pembuatan kopi ini masih sangat alami.

Satu pound kopi ini dihargai dengan USD 52 atau sekitar Rp776 ribu. Kopi Kona terkenal akan rasanya yang kompleks dan sangat aromatik sementara teksturnya sendiri sangat halus.

3. Jamaican Blue Mountain

Ditanam di daerah pegunungan khusus yang berada di Jamaika, kopi gourmet ini sudah dikenal sejak abad ke-18 dan telah tersertifikasi.

Kopi ini dibanderol dengan harga USD 100 atau sekitar 1,5 juta per setengah kilogram. Kopi ini memiliki sedikit rasa masam dan memiliki aroma yang wangi macam bunga.

4. Hacienda Esmeralda Geisha

Hacienda Esmeralda merupakan nama dari perkebunan kopi yang berada di Panama, Amerika Tengah. Perkebunan ini menghasilkan biji kopi khusus yang diberi nama Geisha.

Harga dari satu pound atau setengah kilogram kopi Hacienda Esmeralda Geisha mencapai USD 120 atau sekitar Rp1,8 juta. Ternyata benih biji kopi termahal di dunia ini ditemukan secara tidak sengaja.

Dimana pada awalnya sebuah keluarga di wilayah perkebunan tersebut membeli benih kopi yang tidak dikenal. Setelah ditanam ternyata tanaman kopi tersebut tahan penyakit dan menghasilkan biji kualitas unggul.

5. Kopi Luwak

Kopi asal Indonesia ini berada di posisi ketiga. Proses fermentasi biji kopi arabika yang menggunakan binatang ini ternyata memiliki kualitas yang bagus.

Sehingga harganya dapat dibandrol mahal yaitu USD 400 atau hampir mencapai Rp6 juta per setengah kilogram. Hasil dari fermentasi luwak ini menghasilkan kopi yang halus dan tidak terlalu pahit.

Baca juga : Mengenal Kopi Gayo, Kopi Arabika asal Aceh yang Mendunia

6. Black Ivory Coffee

Sama seperti kopi luwak, dalam proses pembuatannya kopi black ivory ini juga dibantu oleh binatang yakni gajah. Biji kopi yang diberikan ke Gajah ini juga termasuk biji jenis arabika.

Harga dari kopi fermentasi gajah ini mencapai USD 1.081 atau sekitar Rp16 juta per setengah kilogram. Tak heran bila kopi ini menjadi yang paling mahal di dunia.

7. Ospina Dynasty Coffee

Kopi termahal di dunia urutan pertama ditempati oleh kopi hasil produksi perusahaan yang berada di Kolombia. Perusahaan Ospina ini telah ada sejak tahun 1835 yang didirikan oleh Don Mariano Ospina Rodriguez.

Kopi jenis ini merupakan varietas paling mahal yang diproduksi perusahaan tersebut. Dimana harganya mencapai USD 1.540 atau sekitar Rp23 juta per setengah kilogram.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1203 seconds (0.1#10.140)