Sosok Pasangan yang Diharapkan Perempuan yang Dekat dengan Ayah

Kamis, 02 Juli 2020 - 17:32 WIB
loading...
Sosok Pasangan yang Diharapkan Perempuan yang Dekat dengan Ayah
Umumnya perempuan menyukai pria seperti ayah mereka baik secara fisik maupun kepribadian. Foto Ilustrasi/TeenLife
A A A
JAKARTA - Seorang anak, terutama perempuan yang dekat dengan ayah, memiliki kecenderung untuk mencari pasangan yang serupa dengan orangtuanya itu. Hal ini dikarenakan perempuan merupakan sosok yang selektif dalam mencari pasangan.

"Sekalipun tidak dekat dengan ayahnya namun memiliki kesadaran tinggi, ia akan sangat selektif memilih pasangan hidup," kata psikolog anak dan keluarga Samanta Ananta, M.Psi saat dihubungi SINDOnews, Kamis (2/7). ( )

Hanya, disayangkan masih banyak perempuan yang belum sadar untuk menerapkan pemilihan pasangan secara selektif sehingga melakukan sabotase diri (self sabotage) dalam memilih calon pendampingnya. Menurut Samanta, banyak yang masih melihat pernikahan sebagai gerbang pelarian dari masalah di rumah.

"Yang mengakibatkan kualitas hubungan pernikahan jadi tidak baik, yang dimulai dengan toleransi tinggi dari masa pacaran dengan mengatakan "ah, nggak apa-apa, nanti kalau sudah menikah bisa berubah kok"," ujar Samanta.

"Perlu disadari, pernikahan bukan untuk mengubah orang dan orang tidak berubah karena menikah," sambungnya.

Umumnya perempuan menyukai pria seperti ayah mereka baik secara fisik maupun kepribadian. ( )

Seorang pakar hubungan, Dr. Judith Wright dari Illinois, Chicago, menjelaskan bahwa pemrograman pra-seksual terjadi pada usia yang sangat muda dan anak-anak belajar tentang hubungan berdasarkan cara mereka diperlakukan oleh sang pengasuh utama. Bahkan jika wanita memiliki hubungan buruk dengan ayah, mereka tampaknya masih akan mencari tipe pria yang sama karena dipikir dapat memperbaikinya dan melakukan hal yang lebih baik saat ini.

Menurut sejumlah penelitian, perempuan yang memiliki hubungan yang aman dan suportif dengan ayah mereka lebih mungkin berhasil di bidang asmara.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1825 seconds (0.1#10.140)