5 Teh Penurun Kolesterol dan Gula Darah, Ampuh dan Aman

Jum'at, 16 September 2022 - 06:53 WIB
loading...
5 Teh Penurun Kolesterol dan Gula Darah, Ampuh dan Aman
Teh penurun kolesterol dan gula darah terbukti ampuh dan aman dikonsumsi. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa teh memiliki manfaat kesehatan setelah air. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Teh penurun kolesterol dan gula darah terbukti ampuh dan aman dikonsumsi. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa teh memiliki banyak manfaat kesehatan setelah air, termasuk memiliki efek positif pada kadar kolesterol dan gula darah.

Beberapa penelitian menunjukkan antioksidan dalam teh dapat membantu menurunkan kolesterol dan gula darah. Antioksidan adalah senyawa yang membantu melawan radikal bebas, yaitu bahan kimia yang dapat merusak sel dan materi genetik.

Menurut Mayo Clinic, ketika ada terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh, stres oksidatif terjadi. Kondisi tersebut berkontribusi pada timbulnya berbagai masalah kesehatan serius. Mulai dari diabetes tipe 2, kolesterol tinggi hingga penyakit jantung.

Berikut daftar teh penurun kolesterol dan gula darah dilansir dari berbagai sumber, Jumat (16/9/2022).



1. Teh Hijau

5 Teh Penurun Kolesterol dan Gula Darah, Ampuh dan Aman

Foto/Getty Images

Teh hijau sarat dengan antioksidan dan manfaat kesehatan lainnya yang membuatnya baik untuk kolesterol dan gula darah. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang biasa minum teh hijau selama lebih dari 10 tahun memiliki lemak tubuh yang lebih rendah dan lingkar pinggang yang lebih kecil daripada mereka yang tidak.

Teh hijau mengandung senyawa kuat yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG). EGCG dapat meningkatkan penyerapan glukosa ke dalam sel otot. Proses EGCG yang merangsang glukosa untuk masuk ke sel otot mungkin juga berguna untuk mengobati obesitas.

2. Teh Hitam
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1431 seconds (0.1#10.140)