5 Buah Penurun Kolesterol dan Menjaga Kesehatan Jantung, Wajib Ada di Rumah

Rabu, 14 September 2022 - 05:00 WIB
loading...
5 Buah Penurun Kolesterol dan Menjaga Kesehatan Jantung, Wajib Ada di Rumah
Buah penurun kolesterol dan menjaga kesehatan jantung wajib ada di rumah. Tubuh membutuhkan kolesterol, suatu bentuk lemak tertentu untuk memproduksi hormon. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Buah penurun kolesterol dan menjaga kesehatan jantung wajib ada di rumah. Tubuh membutuhkan kolesterol, suatu bentuk lemak tertentu untuk memproduksi hormon, vitamin, dan sel-sel baru. Tetapi memiliki terlalu banyak kolesterol bisa berbahaya.

Risiko serangan jantung dan stroke dapat meningkat seiring waktu jika darah Anda mengandung kolesterol LDL atau kolesterol jahat yang berlebihan. Untuk membuat kadar kolesterol kembali normal, Anda harus menyadari dari mana kolesterol berasal.

Pada dasarnya, kolesterol memiliki dua sumber. Pertama, hati memproduksinya, dan kedua, makanan. Karena itu, makanlah buah-buahan tertentu untuk menurunkan kolesterol jika Anda berjuang dengan kadar kolesterol tinggi.

Kepala ahli diet dan ahli gizi Rumah Sakit Jaslok Delnaz Chanduwadia mengatakan bahwa jika kolesterol Anda tinggi, salahkan diet tidak sehat yang kaya akan makanan olahan, gorengan, gula, dan rendah serat. Ini juga bisa disebabkan oleh faktor gaya hidup seperti merokok, kurang olahraga dan memiliki kondisi yang mendasari yaitu tekanan darah tinggi atau diabetes.

Baca Juga: 5 Cara Tercepat Menurunkan Kolesterol dengan Benar, Lemak Jahat Langsung Rontok

Jadi, untuk mengontrol kadar kolesterol, Anda perlu memeriksa semua penyebab ini. Namun, diet sehat yang terdiri dari buah-buahan yang tepat yang tinggi vitamin esensial, mineral dan antioksidan, dipercaya dapat membantu mengelola kolesterol. Berikut buah penurun kolesterol dan menjaga kesehatan jantung dilansir dari Health Shots, Rabu (14/9/2022).

1. Apel

5 Buah Penurun Kolesterol dan Menjaga Kesehatan Jantung, Wajib Ada di Rumah

Foto/Getty Images

Mengonsumsi terlalu banyak makanan tinggi natrium dan lemak jenuh dapat menyebabkan ketidakseimbangan kadar kolesterol. Namun, Anda mungkin tidak menyadari bahwa makanan kaya serat larut yang menyehatkan jantung, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi.

“Buah-buahan tinggi serat larut yang disebut pektin dikenal membantu mengurangi kolesterol. Makanan kaya serat yang bisa Anda makan adalah apel dan pir,” kata Chanduwadia.

Selain itu, serat juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan membuat kenyang lebih lama. Dengan begitu dapat membantu Anda makan lebih sedikit dan mungkin menurunkan berat badan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2656 seconds (11.97#12.26)