Rambut Rontok Bisa Jadi Gejala Kolesterol Tinggi, Segera Hubungi Dokter

Selasa, 20 September 2022 - 16:54 WIB
loading...
Rambut Rontok Bisa Jadi Gejala Kolesterol Tinggi, Segera Hubungi Dokter
Rambut rontok di area tertentu bisa menjadi gejala kolesterol tinggi. Kondisi ini sering disebabkan gaya hidup buruk. Ketika membiarkan, bisa memicu gejala. Foto/Crlab
A A A
JAKARTA - Rambut rontok di area tertentu bisa menjadi gejala kolesterol tinggi . Kondisi ini seringkali disebabkan karena pilihan gaya hidup yang buruk. Ketika membiarkan penyebab lemak tidak diobati, itu bisa menumpuk di arteri dan memicu gejala.

Salah satu tanda dari penumpukan ini dapat muncul sebagai rambut rontok. Seiring waktu, kolesterol tinggi menyebabkan proses yang disebut aterosklerosis, yang menggambarkan penumpukan plak di arteri.

“Plak adalah bahan lilin yang terbuat dari kolesterol dan hal-hal lain. Bila Anda memiliki terlalu banyak plak, arteri Anda bisa menyempit dan membatasi aliran darah,” jelas situs kesehatan Saint Luke dilansir dari Express, Selasa (20/9/2022).

Sementara gejala dari proses ini mungkin tidak menyerang sampai lebih jauh. Satu bagian dari tubuh yang dapat menyimpan petunjuk adalah kaki Anda. Ketika arteri menjadi sempit dan aliran darah menjadi terbatas, kaki serta rambut yang tumbuh di area ini dapat terkena dampaknya.

Baca Juga: Ikan yang Mengandung Kolesterol Tinggi, Sebaiknya Dihindari

Aliran darah yang terbatas di kaki terkadang dapat menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai iskemia ekstremitas kritis (CLI). Salah satu gejala yang dapat mengungkapkan CLI adalah kerontokan rambut di kaki. Di mana kulit di area ini juga bisa tampak halus, berkilau dan sangat kering.

Buruknya, CLI adalah komplikasi yang sangat serius yang dapat menantang untuk diobati. Selain perubahan pada kulit, kondisi ini juga dapat menyebabkan tanda-tanda. Di antaranya adalah rasa sakit terbakar yang parah di kaki bahkan saat sedang beristirahat, luka terbuka di kaki yang tak kunjung sembuh.

Kehilangan massa otot di kaki, kulit pada jari kaki atau tungkai bawah menjadi dingin dan mati rasa. Kulit kemudian berubah menjadi merah dan hitam, membengkak dan menghasilkan nanah yang berbau hingga menyebabkan nyeri hebat atau gangren.

NHS menyarankan untuk segera menghubungi dokter jika Anda mengalami gejala di atas. Pasalnya, sangat penting untuk mendapatkan bantuan medis segera karena mungkin ada kebutuhan amputasi di bawah lutut dalam beberapa kasus.

Baca Juga: 3 Ikan Air Tawar dengan Kadar Kolesterol Paling Tinggi, Waspadai!

Meskipun rambut rontok di kaki bisa menjadi tanpa penumpukan kolesterol, kondisi ini jarang muncul dengan gejala. Namun, Anda dapat mengetahui dengan tepat seberapa tinggi atau rendah kolesterol dalam darah dengan melakukan tes darah.

Meskipun beberapa orang mungkin akan diberi resep obat penurun kolesterol yang disebut statin, perubahan gaya hidup juga dapat menurunkan kadar kolesterol yang melonjak dalam darah.
(dra)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1484 seconds (10.101#12.26)