10 Makanan Khas Ibu Kota Terfavorit

Minggu, 05 Juli 2020 - 08:57 WIB
loading...
10 Makanan Khas Ibu Kota Terfavorit
Selain sebagai pusat pemerintahan dan ekonomi, Jakarta juga memiliki ragam makanan lezat yang menjadi ciri khasnya. Mulai dari makanan berat hingga camilan. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A A A
IBU kota Jakarta berusia 492 pada 22 Juni. Banyak cerita yang menyertai kota yang dulu bernama Batavia ini di usianya yang ke 492. (Baca juga: Lomba Desain Souvenir dan Kuliner Khas Jakarta Berhadiah Puluhan Juta Digelar)

Selain sebagai pusat pemerintahan dan ekonomi, Jakarta juga memiliki ragam makanan lezat yang menjadi ciri khasnya. Mulai dari makanan berat hingga camilan. Berikut daftar makanan khas Jakarta terfavorit versi hasil survei Litbang KORAN SINDO.

1. Kerak Telor

10 Makanan Khas Ibu Kota Terfavorit


Makanan ini memang menjadi salah satu primadona camilan khas kota Jakarta. Kerak telor bisa menggunakan bahan telur ayam atau telur bebek. Bahan lainnya adalah beras ketan putih, ebi yang disangrai hingga menyerupai abon, bawang goreng, dan kelapa sangrai.

Kegurihan camilan ini juga dipengaruhi oleh bawang goreng yang ditaburkan di atasnya. (Baca juga: Mengukir Kembali Kejayaan Kerak Telor yang Tergerus)

2. Nasi Uduk

10 Makanan Khas Ibu Kota Terfavorit


Nasi uduk sudah terkenal di seluruh Indonesia. Lauk yang biasa disajikan dalam sepiring nasi uduk antara lain tempe orek, telur balado, semur tahu, semur kentang, semur jengkol, bihun, ayam goreng, abon, gorengan dan tentunya sambal. Nasi uduk biasa disantap bersama kerupuk atau emping. (Baca juga: Cara Spesial Buat Nasi Uduk Rumahan)

3. Gado-gado
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0985 seconds (0.1#10.140)