5 Teh yang Ampuh dan Aman untuk Turunkan Kolesterol maupun Gula Darah

Jum'at, 23 September 2022 - 18:05 WIB
loading...
5 Teh yang Ampuh dan...
Teh ternyata mampu untuk menurunkan kolesterol dan gula darah. Foto/SINDOnews/Yuswantoro
A A A
JAKARTA - Banyak penelitian menunjukkan, teh memiliki banyak manfaat kesehatan setelah air. Beberapa penelitian menunjukkan, antioksidan dalam teh dapat membantu menurunkan kolesterol dan gula darah.

Baca juga: Hindari 3 Hal Ini Jika Tak Ingin Kolesterol Melesat Naik

Antioksidan adalah senyawa yang membantu melawan radikal bebas, yaitu bahan kimia yang dapat merusak sel dan materi genetik. Menurut Mayo Clinic, ketika ada terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh, stres oksidatif terjadi.



Kondisi tersebut berkontribusi pada timbulnya berbagai masalah kesehatan serius. Mulai dari diabetes tipe 2, kolesterol tinggi hingga penyakit jantung. Berikut daftar teh penurun kolesterol dan gula darah dilansir dari berbagai sumber:

Baca juga: Terlanjur Lepas Baju dan Mandi Keringat di Ranjang Hotel, 4 Pasangan Mesum Panik Digedor Petugas

1. Teh Hijau
Teh hijau sarat dengan antioksidan dan manfaat kesehatan lainnya yang membuatnya baik untuk kolesterol dan gula darah. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang biasa minum teh hijau selama lebih dari 10 tahun memiliki lemak tubuh yang lebih rendah dan lingkar pinggang yang lebih kecil daripada mereka yang tidak.

Teh hijau mengandung senyawa kuat yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG). EGCG dapat meningkatkan penyerapan glukosa ke dalam sel otot. Proses EGCG yang merangsang glukosa untuk masuk ke sel otot mungkin juga berguna untuk mengobati obesitas.

2. Teh Hitam
Teh lain yang sarat dengan antioksidan yang dapat menurunkan kolesterol adalah teh hitam. Teh hitam menurunkan kadar kolesterol jahat dan mengontrol kadar gula darah, mengontrol tekanan darah dan meningkatkan kesehatan usus.

Sebuah tinjauan yang diterbitkan pada Juni 2019 dalam jurnal Antioksidan mencatat bahwa beberapa studi epidemiologi menunjukkan bahwa minum teh hitam, hijau, atau oolong dapat mengurangi risiko terkena diabetes atau komplikasi diabetes.

Baca juga: Bikin Trenyuh, Napi Ini Harus Merawat Bayi yang Baru Dilahirkan di Tahanan

3. Teh Chamomile
Teh chamomile juga telah dikaitkan dengan peningkatan sensitivitas insulin dan manajemen glukosa yang dapat membantu mengurangi stres oksidatif dalam tubuh. Penelitian yang diterbitkan pada Desember 2018 menemukan peserta penelitian dengan diabetes tipe 2 mengonsumsi teh chamomile tiga kali sehari setelah makan selama delapan minggu, mendapatkan manfaat baik dalam resistensi insulin dan penanda inflamasi.

Selain itu, penelitian pada hewan sebelumnya menunjukkan bahwa konsumsi teh chamomile setiap hari dapat membantu memperlambat atau mencegah perkembangan komplikasi yang dapat menyertai diabetes. Namun temuan ini masih diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia.

4. Teh Oolong
Teh oolong baik untuk kesehatan jantung Anda. Teh jenis ini terbukti mengurangi risiko mengembangkan kadar kolesterol jahat. Hal ini dapat mencegah perkembangan yang buruk dari tingkat kolesterol jahat. Teh oolong juga membantu dalam pengelolaan kadar gula darah. Faktor-faktor ini sama sekali mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Teh Jahe
Teh jahe biasanya dianggap sebagai penenang perut, tetapi juga dapat membantu mengatasi kolesterol dan gula darah. Bubuk jahe secara signifikan menurunkan kadar lipid dibandingkan dengan plasebo dalam klinis double-blind. Jahe dapat mempengaruhi kontrol glikemik dalam tubuh dengan menghambat enzim yang terlibat dalam proses metabolisme karbohidrat serta meningkatkan sensitivitas insulin. Akibatnya, para peneliti mencatat, ada lebih banyak penyerapan glukosa ke jaringan adiposa perifer dan otot rangka.
(eyt)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Jelang Iduladha, Aldi...
Jelang Iduladha, Aldi Taher Serukan Makan Daging Tanpa Takut Kolesterol
Penderita Diabetes Sebaiknya...
Penderita Diabetes Sebaiknya Hindari Konsumsi Semangka, Ini Alasannya!
Apel vs Jeruk: Mana...
Apel vs Jeruk: Mana yang Lebih Aman untuk Gula Darah?
Jaga Daya Tahan Tubuh...
Jaga Daya Tahan Tubuh di Cuaca Ekstrem, Coba 4 Teh Herbal Ini!
5 Makanan Penurun Kolesterol...
5 Makanan Penurun Kolesterol Usai Lebaran yang Wajib Dicoba
5 Manfaat Minum Teh...
5 Manfaat Minum Teh di Pagi Hari, Jaga Kesehatan Jantung
Peneliti Universitas...
Peneliti Universitas Jember Buktikan Tanaman Liar Kalimantan Efektif Turunkan Gula Darah
Bukti Klinis Tunjukkan...
Bukti Klinis Tunjukkan mGanik Metafiber Efektif Tekan Gula Darah Postprandial 34 Persen
Ada Ketelitian dan Konsistensi...
Ada Ketelitian dan Konsistensi di Balik Rasa Teh Berkualitas
Rekomendasi
Tegang Sejak Pagi! 32...
Tegang Sejak Pagi! 32 Tim Terbaik Liga Bintang Juara Bersaing Menuju Jakarta
Tepis Isu Menguntungkan...
Tepis Isu Menguntungkan Kapolri, Pakar: UU Polri Baru Berpihak pada Kepentingan Publik
UBAYA Tantang SCU di...
UBAYA Tantang SCU di Final Putri, Perbanas Hadapi UKSW pada Puncak Campus League 2026
Berita Terkini
Kasus Erin Berbalik...
Kasus Erin Berbalik Arah? Bukti Psikologis Nur Disebut Untungkan Herawati
Tak Hanya Ganggu Mental,...
Tak Hanya Ganggu Mental, Sering Marah-marah Bisa Melemahkan Daya Tahan Tubuh
Babak Baru Kasus Erin...
Babak Baru Kasus Erin Wartia, Pelapor Serahkan Dokumen LPSK ke Penyidik
Pesona China yang Berbeda:...
Pesona China yang Berbeda: Eksplor Keunikan Infrastruktur Chongqing dan Alam Zhangjiajie
Cut Meyriska Syok Hanania...
Cut Meyriska Syok Hanania Travel Bermasalah, Padahal Sudah Kantongi Akreditasi dan Rekor MURI
Desainer Indonesia Ditantang...
Desainer Indonesia Ditantang Jadi Agen Perubahan, Tak Lagi Sekadar Estetika
Infografis
5 Makanan Penurun Kolesterol...
5 Makanan Penurun Kolesterol Usai Lebaran yang Wajib Dicoba
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved