Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan Bawang Putih, Begini Caranya

Sabtu, 24 September 2022 - 07:00 WIB
loading...
Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan Bawang Putih, Begini Caranya
Bawang putih dikatakan cukup efektif menurunkan kolesterol tinggi, menurut penelitian. Ekstrak bawang putih bisa mengurangi kolesterol hingga 7 persen. Foto/Healthline
A A A
JAKARTA - Bawang putih dikatakan cukup efektif dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi , menurut sebuah penelitian yang dikutip oleh National Center for Biotechnology Information. Ekstrak bawang putih bisa mengurangi kolesterol hingga 7 persen.

Menurut sebuah penelitian, ketika pria hiperkolesterolemia mengonsumsi ekstrak bawang putih, kolesterol jahat mereka turun 10 persen. Dua pil bawang putih (masing-masing mengandung 400 mg bawang putih) harus diminum setiap hari selama enam minggu, menurut penelitian lain.

Satu miligram allicin dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sebesar 17 persen dan kolesterol total sebesar 12 persen. Kandungan ini juga terbukti dapat menurunkan kadar trigliserida sebanyak 6 persen.

Dilansir dari Health Shots, Sabtu (24/9/2022) studi ini juga menemukan bahwa mengonsumsi ekstrak bawang putih mentah menurunkan kadar kolesterol total, kolesterol jahat, dan trigliserida dalam darah.

Baca Juga: 4 Jajanan Anak-Anak yang Mengandung Kolesterol Tinggi, Orang Tua Wajib Tahu

Sementara menurunkan kadar kolesterol jahat, kolesterol total, dan trigliserida adalah manfaat bawang putih, itu mungkin memiliki dampak yang menguntungkan pada tingkat kolesterol baik.

Setelah mengonsumsi suplemen bawang putih hingga 6 minggu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kadar kolesterol baik naik 15 persen. Para peneliti dan ahli juga mengatakan bahwa setelah mengonsumsi ekstrak bawang putih selama empat bulan, profil lipid darah secara umum membaik.

Meski demikian, bawang putih bukan pengganti obat. Pasalnya, bawang putih memiliki efek penurun kolesterol yang singkat. Untuk terus menuai keuntungan, Anda harus makan bawang putih setiap hari. Kadar kolesterol rendah tidak dapat dipertahankan bahkan enam bulan setelah berhenti konsumsi bawang putih.

Beberapa orang mungkin juga mengalami efek samping ringan dari makan bawang putih. Ini termasuk seperti bau mulut, kembung dan masalah lambung. Tetapi pada kebanyakan orang yang makan, dua siung bawang putih biasanya tidak bermasalah.

Baca Juga: 5 Daun Herbal yang Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi, Nomor 2 Sering Dipakai Masak

Bawang putih membantu mencegah pembentukan gumpalan dalam darah. Jika Anda sudah menjalani pengobatan untuk itu, itu dapat menyebabkan pendarahan yang berlebihan setelah luka.

Dalam kasus seperti itu, akan lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum makan bawang putih setiap hari.
(dra)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1843 seconds (11.97#12.26)