Yuk, Rayakan Hari Pariwisata Dunia dengan Cobain 3 Sport Tourism di Bali!

Minggu, 25 September 2022 - 07:00 WIB
loading...
Yuk, Rayakan Hari Pariwisata Dunia dengan Cobain 3 Sport Tourism di Bali!
Bali menduduki posisi pertama sebagai destinasi liburan paling bikin bahagia di dunia versi @clubmed, sehingga wajar Pulau Dewata menjadi lokasi pariwisata favorit wisatawan.
A A A
BALI - Bali menduduki posisi pertama sebagai destinasi liburan paling bikin bahagia di dunia versi @clubmed, sehingga wajar bila Pulau Dewata menjadi lokasi pariwisata favorit para wisatawan. Keindahan alam, kelengkapan akomodasi, beragam budaya, dan variasi aktivitas yang bisa dilakukan di Bali, membuat destinasi ini selalu menarik untuk dikunjungi.

Karena itu Bali pun didapuk sebagai tuan rumah dari salah satu acara bergengsi yaitu Hari Pariwisata Dunia pada tanggal 27 September nanti. Hal ini menjadi suatu kebanggaan bagi Indonesia, dengan mengusung tema Rethinking Tourism as a Key Element on Recovery dan juga pembahasan tentang The Tourism We Want, harapannya bisa menghadirkan pariwisata yang lebih berkualitas, berkelanjutan, dan berorientasi terhadap masyarakat.

Salah satu aktivitas yang sedang tren dan diminati saat ini adalah berwisata sambil berolahraga atau sport tourism. Aktivitas yang bisa menyehatkan ini menjadi salah satu potensi terhadap pemasukkan bagi masyarakat lokal. Bali pun menjadi salah satu destinasi sport tourism favorit di kalangan wisatawan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, meyakini bahwa potensi wisata olahraga mampu membantu dalam pemulihan ekonomi Tanah Air. “Saya meyakini sport tourism menjadi destinasi yang memenangkan (ekonomi) Indonesia, dan diminati wisatawan, sehingga bisa membuka lapangan kerja seluas-luasnya dan peluang usaha bagi masyarakat lokal,” ujar Sandiaga.

Penasaran dengan sport tourism yang wajib dicoba di Bali? Sebelum itu, jangan lupa saksikan NGANTRI atau Ngobrol Bareng Mas Menteri setiap akhir pekan secara LIVE di akun Instagram @pesona.indonesia. Ikuti juga kuisnya dengan cara follow akun Instagram @pesona.indonesia, jawab pertanyaan di kolom komentar, dan mention 3 temanmu untuk ikutan, ya! Raih ragam hadiah menarik dari Pesona Indonesia.

#ItstimeforBali! Berikut 3 sport tourism yang bisa Sindoners coba saat rayakan Hari Pariwisata Dunia!

1. Gekko Tubing di Sungai Pakerisan
Yuk, Rayakan Hari Pariwisata Dunia dengan Cobain 3 Sport Tourism di Bali!

Mungkin Sindoners tidak asing dengan rafting. Nah, aktivitas yang satu ini hampir sama dengan rafting namun bedanya adalah perahu yang digunakan hanya bisa ditumpangi maksimal dua orang. Gekko Tubing Bali berlokasi di Jalan Astinapura Selatan, Banjar Kelodan, Tampaksiring, Gianyar, Bali. Hanya 30 menit dari Ubud dan 1 jam 15 menit dari Pusat Kota Denpasar.

Aktivitas olahraga ini dimaksudkan untuk memicu adrenalin sambil menikmati pemandangan yang ada di sekitar Sungai Pakerisan. Sindoners bisa menyusuri Sungai Pakerisan sepanjang 4,5 km dan melewati 7 jeram dengan waktu tempuh 1,5 jam perjalanan.

Selama perjalanan menyusuri sungai tersebut, kamu akan didampingi dengan pemandu tubing yang profesional. Kegiatan tubing ini cocok untuk dinikmati bersama keluarga, kerabat ataupun dalam grup. Terdapat 3 jadwal trip yaitu trip A pada pukul 09.00 WITA, trip B pukul 11.00 WITA, dan trip C pukul 13.00 WITA. Waktu terbaik untuk menikmati Gekko Tubing adalah trip B yaitu pukul 11.00 WITA. Untuk detail lebih lanjut Sindoners dapat mengunjungi akun Instagram @gekkotubingbali.

2. Canyoning di Gitgit
Yuk, Rayakan Hari Pariwisata Dunia dengan Cobain 3 Sport Tourism di Bali!

Suka dengan aktivitas olahraga yang bisa menguji adrenalin, maka Sindoners wajib coba canyoning di Gitgit. Destinasi ini berlokasi di Bali, tepatnya di Jalan Raya Bedugul Singaraja, Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng.

Selain menguji adrenalin, aktivitas olahraga ini memberikan pengalaman berbeda dalam berkegiatan di air seperti menuruni air terjun menggunakan tali atau berseluncur di antara bebatuan. Canyoning adalah kegiatan yang berbasiskan di air seperti penelusuran sungai, ngarai, serta air terjun dan menyatukan sejumlah jenis teknik seperti scrambling, rappelling/abseiling, water sliding, river-hiking, cliff jumping, serta swimming.

Canyoning di Gitgit buka dari pukul 08.00 WITA sampai pukul 17.00 WITA, tapi bagi Sindoners yang ingin mencoba aktivitas ini, kamu harus reservasi terlebih dahulu minimal 1 hari sebelumnya. Adapun paket yang ditawarkan beragam yaitu level pemula, level menengah, dan level profesional.

Untuk level pemula, canyoning bisa dinikmati oleh orang-orang dengan usia minimal 8 tahun dan aktivitas ini akan memakan waktu sekitar 2 sampai 2,5 jam. Kemudian untuk level menengah, orang-orang berusia minimal 16 tahun yang bisa menikmati aktivitas menegangkan ini. Kegiatan ini akan dilakukan dengan durasi sekitar 3 sampai 5 jam.

Sementara untuk level profesional, Sindoners yang usianya minimal 16 tahun dan suka tantangan lebih bisa melakukan ini, karena canyoning-nya akan menghabiskan waktu sekitar 8 jam. Demi keamanan bagi para wisatawan yang ingin mencoba canyoning, semua paket yang ditawarkan sudah termasuk pendampingan dengan 2 orang pemandu profesional dan asuransi jiwa.

Direkomendasikan buat Sindoners yang ingin melihat pemandangan indah sambil menikmati sejuknya udara di Gitgit, waktu terbaik untuk melakukan canyoning yaitu pada pukul 09.00 WITA sampai 13.00 WITA. Informasi lebih lanjut silakan kunjungi akun Instagram @canyoningbali dan website www.canyoningbali.id.

3. ATV di Ubud
Bermain ATV dengan berbagai trek penuh rintangan sehingga bisa memacu adrenalin sambil menikmati panorama keindahan alam, menjadi aktivitas yang tidak boleh dilewatkan saat berlibur di Bali. Untuk mencoba aktivitas ekstrem ini kamu bisa berkunjung ke Singapadu Kaler, Sukawati, Gianyar, Bali. Dengan jam operasional yang dimulai pukul 08.30 WITA dan berakhir pada pukul 16.00 WITA.

Petualangan ATV ini akan berlangsung sekitar 1,5 jam dan memiliki trek-trek menantang seperti menyusuri pedesaaan, sawah, dan sungai. Spesial untuk trek di Goa Naga dan air terjun, terdapat lintasan lumpur melingkar sehingga trek ini menjadi salah satu petualangan ATV yang dapat memberikan pengalaman seru tak terlupakan.

Selain merasakan adrenalin yang terpacu karena naik ATV, Sindoners juga akan mengenal lebih dekat serta menyaksikan suasana pedesaan Bali nan asri melalui perjalanan menantang ini. Jangan khawatir, selama petualangan berlangsung, Sindoners akan didampingi oleh pemandu yang bisa membantu apabila menemukan kendala. Untuk info lebih lanjut bisa kunjungi akun Instagram @atv_greenbaliadventure.

Bagaimana? Siap mencoba berbagai aktivitas olahraga seru sambil merayakan Hari Pariwisata Dunia di Bali? Pastikan Sindoners sudah vaksin booster dan usahakan tetap mematuhi protokol kesehatan, mulai dari menggunakan masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak agar aktivitas wisata tetap aman dan nyaman.

Informasi mengenai destinasi wisata dan inspirasi ekonomi kreatif #DiIndonesiaAja juga bisa kamu dapatkan dengan cara follow akun Instagram @pesona.indonesia, Facebook @pesona.indonesia, Twitter @pesonaindonesia, TikTok @pesonaindonesia, YouTube Pesona Indonesia, dan mengunjungi website www.indonesia.travel.
(ars)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2210 seconds (10.55#12.26)