Bantu Turunkan Kolesterol, Ini 4 Manfaat Air Kelapa buat Anak Muda yang Aktif

Minggu, 25 September 2022 - 06:28 WIB
loading...
Bantu Turunkan Kolesterol, Ini 4 Manfaat Air Kelapa buat Anak Muda yang Aktif
Penting bagi anak-anak muda yang sangat aktif untuk mengetahui lebih lanjut manfaat air kelapa. / Foto: ilustrasi/freepik.com
A A A
JAKARTA - Masa muda merupakan momen seseorang sangat aktif karena penuh semangat dalam berkegiatan. Namun, sisi kesehatan kerap dilupakan. Banyak yang alpa menjaga kelembaban kulit, masalah kolesterol dan lainnya.

Di sisi lain, sudah sejak lama kelapa diketahui memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, bahkan untuk perawatan atau kecantikan.

Penting bagi anak-anak muda yang sangat aktif untuk mengetahui lebih lanjut manfaat air kelapa . Lantas apa saja manfaat kelapa untuk orang-orang yang sangat aktif? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

Baca juga: Banyak Dikeluhkan, Sesak Napas akibat Long Covid-19 Bisa Disembuhkan

1. Melembabkan Kulit

Salah satu manfaat minum air kelapa atau mengoleskannya ke kulit bisa memberikan efek pelembab. Sebuah studi pada 2015 menemukan bahwa mengonsumsi air kelapa membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas.

Sementara studi pada 2017, para ilmuwan menyampaikan bahwa air kelapa memiliki efek antimikroba. Menunjukkan bahwa mengoleskannya ke kulit dapat membantu mengobati jerawat.

2. Menurunkan Kolesterol

Bagi anak muda yang aktif perlu tahu kalau air kelapa bisa meminimalisir kolesterol jahat dalam tubuh. Seperti dilansir Cleveland Clinic, air kelapa adalah 94% air dan bebas lemak, serta bebas kolesterol.

"Untuk minuman rekreasi, Anda ingin mendapatkan yang tanpa pemanis dan tidak menambahkan natrium," ungkap ahli diet Maxine Smith, RDN, LD, seperti dikutip dari Cleveland Clinic pada Sabtu (24/9/2022).

3. Kesehatan Jantung

Air kelapa mengandung kalium, yang diketahui membantu mengurangi tekanan darah. Sehingga ini bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Selain itu, sebuah penelitian yang lebih lama menemukan bahwa air kelapa dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan jadi diet sehat. Meskipun begitu, seseorang tetap harus mengikuti rekomendasi diet dari dokter.

4. Hapus Dahaga

Saat aktif bekerja tentu rasa haus tak begitu dirasakan, maka perlu satu cangkir air kelapa. Pasalnya, dengan kandungan 45 kalori, air kelapa dapat membantu menghikangkan rasa haus (terhidrasi) dan bisa merasakan kesegaran.

Baca juga: Studi: Janin dalam Kandungan Sudah Bisa Bereaksi terhadap Makanan yang Dikonsumsi sang Ibu

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, air kelapa bisa menjadi pengganti yang bagus untuk minuman seperti soda dan jus, yang umumnya tinggi kalori, gula, dan karbohidrat.
(nug)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1521 seconds (10.177#12.26)