5 Jenis Pemanis Buatan dalam Produk Minuman Kekinian, Berapa Takaran Aman untuk Dikonsumsi?

Minggu, 25 September 2022 - 22:33 WIB
loading...
5 Jenis Pemanis Buatan dalam Produk Minuman Kekinian, Berapa Takaran Aman untuk Dikonsumsi?
Produk minuman kekinian kebanyakan menggunakan pemanis buatan. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Baru-baru ini viral sebuah cuitan pengguna Twitter terkait pemanis berlebihan dalam salah satu varian minuman teh kekinian. Dia bahkan meluapkan rasa kecewanya itu dengan makian kasar karena rasa manis berlebihan pada minuman tersebut.

Seperti diketahui, produk minuman kekinian kebanyakan menggunakan pemanis buatan. Namun, selama takarannya dalam masih batas wajar, minuman dengan pemanis buatan masih aman untuk kesehatan.

Pemanis buatan merupakan pengganti gula yang dihasilkan melalui proses kimiawi. Pemanis buatan dinilai memiliki rasa manis yang lebih tinggi dibandingkan pemanis biasa atau gula.



Bicara mengenai pemanis buatan, terdapat beberapa jenis pemanis buatan yang kerap digunakan pada produk minuman kekinian. Apa saja itu? Berikut ulasannya, dikutip dari beberapa sumber pada Minggu (25/9/2022).

1. Sukralosa

Apabila sering mengonsumsi minuman kemasan, seperti soda dan jus, Anda mungkin sering menemukan kandungan sukralosa. Sukralosa kerap menjadi pemanis buatan yang umum dicampurkan dalam makanan maupun minuman olahan pabrik.

Konsumsi harian sukralosa yang ideal adalah sebanyak 5 mg/kg berat badan. Sukralosa merupakan pemanis yang sangat kuat, yakni sekitar 400-700 lebih manis dibandingkan gula pasir. Pemanis ini juga tak memiliki aftertaste pahit seperti pemanis-pemanis lain.

2. Sakarin

Pemanis buatan ini sangat sering digunakan sebagai bahan pengganti gula dalam beragam jenis permen, minuman ringan, hingga makanan penutup.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1329 seconds (0.1#10.140)