Terkenal Indah, 5 Destinasi Wisata Super Prioritas Indonesia Tarik Negara Lain Berinvestasi

Rabu, 28 September 2022 - 23:21 WIB
loading...
Terkenal Indah, 5 Destinasi Wisata Super Prioritas Indonesia Tarik Negara Lain Berinvestasi
Lima destinasi wisata super prioritas Indonesia menarik beberapa negara untuk berinvestasi. Uni Emirates Arab (UEA) salah satunya yang akan berinvestasi. Foto/Indonesia Travel
A A A
JAKARTA - Lima destinasi wisata super prioritas Indonesia sukses menarik beberapa negara untuk berinvestasi. Uni Emirates Arab (UEA) salah satunya yang akan berinvestasi di satu dari lima destinasi wisata tersebut.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan selain UEA, ada Saudi Arabia, India, Rusia, Spanyol, serta beberapa negara yang di G20 sedang dalam proses penawaran investasi di lima destinasi wisata super prioritas.

"Bukan hanya sebagai potensi peluang investasi, tapi potensi green tourism pariwisata yang berkelanjutan," kata Sandiaga dalam weekly press di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Rabu (28/9/2022).

Sandiaga pun mencatat dari semua negara yang ditawarkan untuk berinvestasi, bersedia menggelontorkan USD6 miliar sampai USD8 miliar atau Rp91 triliun sampai Rp122 triliun hingga ke akhir 2030.

Baca Juga: 4 Destinasi Wisata di Jakarta yang Terkenal Angker, Nomor 2 Tempat Pembuangan Jasad

Menurut Sandiaga, hal ini harus dipercepat dan melibatkan semua pihak termasuk juga investor dalam negeri, dan investor regional yang selama ini belum memberikan investasi secara aktif di sektor pariwisata.

"Saya sampaikan pariwisata ini tingkat dua kali pemulihannya lebih cepat. Kalau kita tidak ambil peluang ini secara cerdas, maka akan hilang dan tergantikan oleh pengusaha-pengusaha yang mengambil peluang ini dari warga negara," jelas Sandiaga.

Sebelumnya, Sandiaga mengundang negara-negara anggota G20 serta negara tamu di G20 Tourism Ministerial Meeting (TMM) 2022 untuk berinvestasi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Tanah Air. Khususnya, di lima destinasi super prioritas dan delapan kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata.

Dalam pertemuannya dengan para delegasi G20 Tourism Ministerial Meeting (TMM) 2022 pada Senin, 26 September 2022 di Grand Hyatt Nusa Dua, Bali Sandiaga menyinggungn tentang banyak hal. Mulai dari rencana kerja sama dalam pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Baca Juga: 5 Hotel di Indonesia yang Dulunya Gedung Bersejarah, Nomor 4 Bekas Toko Roti Era 1863

"Kami percaya ada pasar yang sangat penting bagi kami untuk berpromosi, berinovasi, dan berkolaborasi. Tidak hanya di bidang pariwisata tetapi juga pengembangan ekonomi kreatif," ujar Sandiaga.

Selain berbagai peluang kerja sama tersebut, dia juga membahas tentang peluang investasi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Adapun lokasi yang ditawarkan adalah lima destinasi super prioritas juga delapan KEK pariwisata di berbagai daerah Tanah Air.

Lima destinasi super prioritas tersebut adalah Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, serta Likupang. Sementara untuk delapan KEK Pariwisata adalah KEK Tanjung Kelayang di Belitung, KEK Nongsa di Batam, KEK Tanjung Lesung di Banten, KEK Singosari di Malang, KEK Mandalika di NTB, KEK Likupang di Sulawesi Utara, Kek Morotai di Maluku Utara, dan KEK Lido di Sukabumi, Jawa Barat.
(dra)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1364 seconds (10.177#12.26)