alexametrics

Waspada! 8 Makanan Ini Berisiko jika Tak Dimasak dengan Benar

loading...
Waspada! 8 Makanan Ini Berisiko jika Tak Dimasak dengan Benar
Makanan harus dimasak dengan benar. Tapi, terkadang, makanan yang kita konsumsi berrisiko serius bagi kesehatan karena tak dimasak dengan benar. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Makanan harus dimasak dengan benar. Tentu saja ini untuk kesehatan. Tapi, terkadang, makanan yang kita konsumsi dapat menimbulkan risiko serius bagi kesehatan.

Ada alasan mengapa makanan diperlakukan dengan cara tertentu sebelum dikonsumsi. Artinya, jika makanan tidak dimasak dengan benar, makanan dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan dan, bahkan keracunan.

Seperti dilansir Times of India, ada 8 makanan yang bisa berbahaya jika tidak dimasak dengan benar. Berikut ulasannya!

1. Ayam
Unggas dapat menjadi sumber banyak bakteri penyebab penyakit seperti campylobacter dan salmonella. Jadi, cara yang baik untuk dikonsumsi adalah dengan selalu memasak ayam secara menyeluruh. Memeriksa suhu internal ayam dan memasak hingga mencapai 165 derajat C adalah langkah yang bagus untuk memastikan memasak yang benar.



2. Singkong
Singkong merupakan sumber karbohidrat yang kaya, tetapi harus direndam dalam air 24 jam sebelum dimasak dengan benar.

Singkong mentah mengandung racun yang bermetabolisme di dalam tubuh untuk menghasilkan sianida. Ini bahkan lebih buruk dengan singkong pahit yang ditanam selama musim kemarau. Jadi, memasaknya dengan benar menjadi sangat penting.



3. Telur mentah
Mengkonsumsi telur mentah cukup umum. Dari menggunakan putih telur mentah dalam krim kue hingga menggunakannya dalam mayones, beberapa orang bahkan menyukai rasa telur setengah matang. Tetapi, apakah aman untuk mengkonsumsi telur mentah?

Telur mungkin mengandung bakteri (salmonella), yang dapat menyebabkan keracunan makanan dan sakit perut. Kadang-kadang, bahkan dapat menularkan virus flu. Oleh karena itu penting untuk memasak telur dengan benar sebelum dimakan. (Baca juga: 8 Band Metal dengan Instrumen Terunik dari Seluruh Dunia).
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak