Hidupkan Ekonomi Kreatif, Kemenparekraf Kembali Gelar Festival Film Bulanan

Senin, 03 Oktober 2022 - 19:41 WIB
loading...
Hidupkan Ekonomi Kreatif, Kemenparekraf Kembali Gelar Festival Film Bulanan
Kemenparekraf memperlihatkan komitmennya untuk menghidupkan kembali sektor Ekonomi Kreatif dengan menggelar Festival Film Bulanan periode Oktober 2022. / Foto: dok. Kemenparekraf
A A A
JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memperlihatkan komitmennya untuk menghidupkan kembali sektor ekonomi kreatif, khususnya subsektor film dengan menggelar Festival Film Bulanan periode Oktober 2022.

Setelah Pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Gorontalo, kini dibuka pendaftaran untuk sineas yang berada di wilayah Aceh, Sumatera, dan Bangka Belitung.

"Oktober ini kita buka pendaftaran untuk sineas yang ada di lokus 3, yaitu Aceh, Sumatera, dan Bangka Belitung. Ini saatnya unjuk eksistensi dengan cara mendaftarkan karya film pendek di www.festivalfilmbulanan.com mulai tanggal 2 sampai 12 Oktober 2022," ungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno , Senin (3/10/2022).

Baca juga: Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo: Bali Jadi Tempat Terbaik Pernikahan

Melalui Festival Film Bulanan ini, Menparekraf Sandiaga berharap bisa memperluas jejaring, membuka jalur distribusi, menstimulasi sineas lokal untuk mengembangkan potensi, dan menghidupkan ekosistem perfilman di setiap wilayah.

"Kami di Kemenparekraf berharap, Festival Film Bulanan ini bisa mendorong para sineas agar semakin produktif, sehingga peluang usaha dan lapangan kerja di sektor ekonomi kreatif setiap wilayah terbuka seluas-luasnya," kata Sandiaga.

Menaprekraf juga optimististis karya dari teman-teman di lokus 3 ini tidak kalah dengan lokus lain. Menurutnya, ini akan menjadi momentum terbaik untuk menunjukkan berbagai potensi lokal.

"Ini kesempatan terbaik yang tidak boleh dilewatkan, ayo, saatnya sineas lokus 3 beraksi, perlihatkan kearifan lokal dan gali akar nusantara melalui sinema," ucap Sandiaga.



Sebagai bentuk apresiasi untuk dua film yang terpilih, Kemenparekraf akan memberikan sertifikat dan suvenir, publikasi di portal nasional, serta penayangan poster film di sejumlah area gedung Kemenparekraf.

Selain itu, film terpilih juga akan ditayangkan secara premier di kanal YouTube Kemenparekraf selama satu bulan, dan menjadi nominasi di Malam Anugerah Festival Film Bulanan.

Baca juga: Bima S Kembali ke Layar Kaca, Booth MNC Portal & Animation Bagikan Action Figures Gratis

"Segera daftarkan karya terbaik kalian di Festival Film Bulanan. Jangan lewatkan kesempatan yang sudah di depan mata, karena Mahakarya akan selalu menemukan jalannya," tutup Sandiaga.
(nug)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1687 seconds (11.97#12.26)