Kolaborasi dengan Google, Kemenparekraf Berikan 5.500 Beasiswa Program Pengembangan Talenta Digital Kreatif

Senin, 03 Oktober 2022 - 20:30 WIB
loading...
Kolaborasi dengan Google, Kemenparekraf Berikan 5.500 Beasiswa Program Pengembangan Talenta Digital Kreatif
Menparekraf/Barekraf Sandiaga Uno lantas menyambut baik dan mengapreasisi setinggi-tingginya antusiasme terhadap program Google Carier Sertifikat. Foto/Tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ( Kemenparekraf )/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Barekraf), bekerja sama dengan Google untuk melakukan program Google Carier Sertifikat.

Program Google Carier Sertifikat merupakan program sertifikat kesiapan karier khusus untuk keahlian teknologi informasi (TI) dan analisis data (data analytic).

Menariknya, peminat program ini terbilang cukup besar. Tercatat, per 30 September 2022 terdapat hampir 65 ribu yang mendaftar dalam salah satu program pelatihan dan beasiswa Google ini.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Barekraf), Sandiaga Salahuddin Uno lantas menyambut baik dan mengapreasi tingginya antusiasme terhadap program tersebut.



“Kami mengapreasiasi kolaborasi ini karena satu hal yang sangat penting, kita ingin membangun talenta-talenta SDM Parekraf yang mumpuni. Dan kita nggak bisa melakukan sendiri. Kita harus menggandeng banyak pihak,” ujar Sandiaga Uno, di sela-sela jumpa pers The Weekly Brief with Sandi Uno (WBS), secara daring, Senin, (3/10/2022).

Dari hampir 65 ribu pendaftar tersebut, tim Google telah menyaring sebanyak 5.500 peserta yang berhasil mendapatkan kesempatan untuk belajar.

Menurut Sandiaga, melalui program ini nantinya akan mampu menciptakan lapangan pekerjaan yang lebih banyak dan luas. Terlebih, salah satu target pemerintah saat ini yakni mendorong 4,4 juta lapangan kerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dan akan terbuka peluang 17 subsektor ekonomi kreatif yang secara keseluruhan akan terdigitalisasi.

“Dan hari ini Google yang bersedia untuk membuka peluang 5.500 mendapatkan peningkatan human capacity. Dan kita yakin dengan adanya 5.500 tambahan menuju ke 600 ribu talenta digital yang kita miliki, maka akan memaksimalkan pertumbuhan ekonomi digital yang kita targetkan di tahun 2025 bisa USD 165 miliar yang tertinggi di ASEAN,” papar Sandiaga.

Dalam kesempatan yang sama, Managing Director Google Indonesia, Randy Jusuf memaparkan, bahwa program ini bisa membuka kesempatan bagi para partisipan agar dapat meningkatkan knowledge dari para praktisi expert dan memperluas networking dengan developer yang berasal dari berbagai kota dan juga latar belakang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1273 seconds (0.1#10.140)