6 Rekomendasi Buah untuk BAB Berdarah, Nomor 5 Ampuh Tingkatkan Konsistensi Tinja

Selasa, 04 Oktober 2022 - 13:25 WIB
loading...
6 Rekomendasi Buah untuk BAB Berdarah, Nomor 5 Ampuh Tingkatkan Konsistensi Tinja
Rekomendasi buah untuk BAB berdarah ada banyak sekali. Biasanya ketika mengalami masalah tersebut dibutuhkan makanan dan buah yang mengandung serat yang tinggi. Foto/Goodhousekeeping
A A A
JAKARTA - Rekomendasi buah untuk BAB berdarah ada banyak sekali. Biasanya ketika mengalami masalah tersebut dibutuhkan makanan dan buah yang mengandung serat yang tinggi.

Ya, mengalami kondisi Buang Air Besar (BAB) disertai dengan darah tentu jadi hal yang sangat menakutkan. Kondisi ini terjadi karena banyak faktor, mulai dari infeksi di bagian usus, robekan pada jaringan yang melapisi anus, dan masih banyak lagi.

Namun tak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi BAB berdarah, seperti tidak tegang saat buang air besar, menggunakan tisu toilet yang dibasah, duduk di air hangat, banyak minum air putih, dan meningkatkan makanan berserat.

Lantas apa saja yah buah untuk mengatasi BAB berdarah? Berikut ulasannya seperti dikutip dari Healthline, Selasa (4/10/2022).



1. Pir

Satu buah pir berukuran sedang mengandung hampir 6 gram serat, yang merupakan 22% dari kebutuhan serat harian Anda.

Pastikan untuk memakan buah ini dengan kulitnya, karena di situlah banyak serat penangkal ambeien dapat ditemukan.

Pir dapat dikonsumsi sebagai camilan atau bisa direbus, dibuat sup, atau dibuat salad.

2. Apel

Seperti pir, apel memiliki jumlah serat yang cukup banyak. Misalnya, satu buah apel berukuran sedang memiliki hampir 5 gram serat. Terlebih lagi, beberapa dari serat ini adalah pektin, yang merupakan serat larut yang menciptakan konsistensi seperti gel di saluran pencernaan.

Ini membantu melunakkan dan menambah jumlah tinja Anda, mengurangi ketegangan dan membantu ketidaknyamanan yang terkait dengan wasir.

3. Raspberry

Sementara buah beri dianggap berserat, raspberry menonjol sebagai pembangkit tenaga pengepakan serat.

Cukup makan 1 cangkir atau setara dengan 123 gram raspberry mentah untuk mendapatkan 8 gram serat dengan kadar air 85%.

4. Pisang

Pisang cocok untuk Anda yang sedang mengalami BAB berdarah atau wasir. Sebab di dalam pisang mengandung pektin dan pati resisten.

Satu pisang berukuran sedang memiliki 3 gram serat. Sementara pektinnya menciptakan gel di saluran pencernaan Anda, pati resistennya memberi makan bakteri usus Anda yang ramah, serta kombinasi yang bagus untuk membantu mengatasi masalah BAB berdarah.

5. Plum rebus

Plum dianggap buah pencahar BAB yang alami. Studi menunjukkan bahwa makan dalam jumlah sedang hingga 10 buah plum setiap hari dapat meningkatkan konsistensi tinja dan motilitas pencernaan di antara orang-orang dengan sembelit.

Ini dikaitkan tidak hanya dengan serat tetapi juga sorbitol. Sorbitol adalah gula alkohol yang tidak dicerna dengan baik oleh usus Anda. Ini menarik air ke saluran pencernaan Anda dan dapat melunakkan tinja .

Plum rebus mengemas sedikit lebih banyak air. Untuk membuatnya, cukup didihkan plum kering dalam air yang disaring selama 10 menit atau sampai lunak.

6. Labu

Labu memiliki 9 gram nutrisi untuk mengatasi masalah BAB berdarah. Anda bisa mengonsumsi labu dengan dipanggang, ditumis, atau direbus untuk membantu menjaga saluran pencernaan Anda dan menangkal wasir.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1251 seconds (0.1#10.140)