7 Hal Pantang Dilakukan saat Rambut Basah, Bikin Rapuh dan Rusak

Rabu, 05 Oktober 2022 - 06:36 WIB
loading...
7 Hal Pantang Dilakukan saat Rambut Basah, Bikin Rapuh dan Rusak
Rambut bisa sangat sensitif setelah keluar dari kamar mandi. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Rambut rapuh namun terkadang kita lupa akan hal tersebut. Terutama ketika menghabiskan begitu banyak waktu untuk menata rambut tanpa merasa khawatir dengan tidak melakukan perawatan yang baik.

Rambut juga bisa sangat sensitif setelah keluar dari kamar mandi. Dilansir dari Bustle, ada 7 hal yang tak boleh dilakukan ketika ranbut basah. Berikutulasannya.



1. Menyisir


Hampir semua stylist setuju bahwa jangan menyikat rambut saat basah. "Jika rambutmu cukup kusut, yang terbaik adalah menggunakan kuas basah dan semprotan tanpa bilas," kata stylist Bryant Anthony dari Salon Eva Michelle.

"Bulunya jauh lebih lembut pada sikat basah daripada sikat rambut biasa sehari-hari," tambahnya.

Anthony juga merekomendasikan untuk menghindari sikat bundar pada rambut basah. "Coba keringkan rambut terlebih dulu (sekitar 90 persen) dan kemudian gunakan sikat bundar untuk menghaluskan daripada mencegah kusut," katanya.

2. Menguncir

Hindari menguncir rambut saat basah. "Saat basah, elastisitasnya maksimal, jadi saat dikuncir, rambut lebih mudah patah," kata stylist Eva Mustafai dari Salon Eva Michelle.

Mustafai merekomendasikan untuk membiarkan rambut kering atau menggunakan semprotan tanpa bilas dengan pengering rambut.

3. Memakai Curling Iron atau Pelurus

Memang menggoda untuk menata rambut sebelum benar-benar kering, tetapi Anda perlu menghindarinya. "Jangan pernah mencatok atau mengeriting rambut pada rambut basah," kata stylist Krystle Hansen dari Salon Eva Michelle.

Hal itu akan membuat rambut rusak dan kusam.



4. Menggunakan Banyak Produk Berbeda

Saat Anda mengeringkan rambut basah, panasnya melelehkan produk dan membebani helaiannya, membuat rambut terlalu berat untuk ditata.

5. Berbaring

Jangan berbaring atau pergi tidur dengan keadaan rambut yang masih basah, karena keesokan hari rambut menjadi kusut.

6. Mengeringkan Rambut dengan Temperatur Terlalu Tinggi

Meskipun mungkin menghemat waktu, hindari untuk mengeringkan rambut basah dengan panas tinggi yang pasti akan merusak rambut dan membuatnya lebih rapuh.

7. Bungkus dengan Handuk

Banyak dari kita yang melakukannya, tetapi membungkus rambut dengan handuk setelah mandi justru dapat merusak rambut. Serat kasar dari handuk membuat rambut menjadi kasar dan dapat menyebabkan kerusakan. Untuk membantu menyerap kelembaban, coba gunakan kaus katun sebagai ganti.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1801 seconds (0.1#10.140)