Perempuan Sadar Vagina dan BuddyKu Berikan Edukasi Pentingnya Menjaga Organ Reproduksi

Rabu, 05 Oktober 2022 - 14:01 WIB
loading...
Perempuan Sadar Vagina dan BuddyKu Berikan Edukasi Pentingnya Menjaga Organ Reproduksi
Perempuan Sadar Vagina dan Buddyku menggelar webinar Health & Relationship Talks. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Komunitas Perempuan Sadar Vagina atau PSV dan BuddyKu mengadakan acara berupa webinar yang dihadiri secara streaming dengan tema “Health & Relationship Talks” (05/10/22). Webinar ini dihadiri oleh peserta dari berbagai kalangan, ada yang berasal dari komunitas PSV atau para peserta umum.

Diadakannya acara tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi dan pengarahan terhadap masyarakat terlebih para perempuan terkait dengan pentingnya menjaga gaya hidup dan pandangan kita terkait dengan kebersihan dan kesehatan organ reproduksi, dimana terdapat banyak sekali risiko yang dapat hadir jika diri kita tidak menyadari hal tersebut terlebih lagi generasi yang aktif dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Penyakit ganas dapat hadir jika kita lalai memperhatikan organ reproduksi, berdasarkan data dari WHO kanker serviks merupakan pembunuh no 1 perempuan di Indonesia bahkan dunia. Selain itu, mengutip dari Menkes menerangkan, jika kelompok umur terbanyak pengidap HIV dilaporkan pada kelompok 25-49 tahun (72,8%) diikuti kelompok umur 20-24 tahun (15%). AIDS yang dilaporkan, terutama ditularkan melalui hubungan seks yang berisiko sebesar 60,9% diikuti penggunaan napza suntik sebesar 17,4% dan penularan perinatal sebesar 2,8%.

Baca Juga : 5 Cara Menghilangkan Stres karena Utang yang Wajib Anda Tahu

Sementara itu, berdasarkan pekerjaan, AIDS terbanyak dilaporkan di kalangan wiraswasta sebesar 5.430 orang, diikuti ibu rumah tangga 5.353 orang dan tenaga non profesional 4.847 orang. Karena data itulah, dibutuhkan adanya upaya pencegahan yang dapat dilakukan salah satunya melalui edukasi.

Narasumber acara tersebut Ratu Nabila dari BuddyKu menyambut dengan baik peserta yang menghadiri webinar dan mengharapkan jika pendidikan seks seperti ini merupakan hal penting yang generasi muda Indonesia perlukan, namun masih jarang dilakukan karena adanya anggapan masyarakat jika pembahasan terkait dengan seks masih menjadi hal yang tabu. Padahal memahami persoalan ini menjadi hal yang bagus, agar setiap individu dapat mempelajari pencegahan serta penanganan hal-hal yang tidak diinginkan, seperti penyakit, dan tindak seksual berisiko.

Selanjutnya, dr. Inge Satyo Ariyanto membahas mengenai betapa rawannya organ reproduksi yang kita miliki khususnya bagi para wanita. Karena vagina ialah organ yang paling rentan terkena infeksi. Oleh karena itu, dr. Inge menekankan untuk selalu menjaga kebersihan vagina dan pentingnya menjaga kelembabannya agar senantiasa kering agar bakteri baik tetap terjaga melindungi fungsi alat reproduksi tersebut.

Baca Juga : Seksolog Ingatkan agar Jangan Terus 'Dihajar' jika Malam Pertama Terjadi Pendarahan

Berhubungan seksual juga menjadi hal yang patut diperhatikan, memastikan kebersihan dan penggunaan kondom menjadi hal yang bukan tabu lagi demi menjaga kesehatan. Tips-tips lebih lanjut dijelaskan oleh dr. Inge, dan peserta juga dapat mengakses lebih jauh untuk mendapatkan informasi terkait Kesehatan didalam aplikasi BuddyKu yang dapat di download melalui Appstore maupun Playstore.
(wur)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1759 seconds (10.55#12.26)