Catat! Ini Cara Tepat dan Aman Hindari Tanda-Tanda Penuaan Dini

Kamis, 06 Oktober 2022 - 09:00 WIB
loading...
Catat! Ini Cara Tepat dan Aman Hindari Tanda-Tanda Penuaan Dini
Mulai umur 25 tahun, kulit seseorang akan melalui proses penuaan (aging). Foto/About You
A A A
JAKARTA - Mulai umur 25 tahun, kulit seseorang akan melalui proses penuaan (aging). Dari segi hormonal pun akan berubah. Ketebalan pada kulit akan menurun dengan ditandai oleh lapisan dermis dan epidermis yang menipis. Hal itu yang membuat kadar air yang seharusnya ditahan di area dermis lebih gampang keluar ke permukaan kulit sehingga menyebabkan kulit lebih kering.

Dokter sekaligus Co-Founder About You dr. Feidriwan, M. Biomed (AAM) mengatakan, penuaan adalah sesuatu hal yang pasti terjadi tetapi bisa diperlambat prosesnya. Penyebabnya ada beberapa hal.

“Proses aging adalah multifaktorial yang bisa dipengaruhi oleh banyak hal. Faktor penyebab aging antara lain radikal bebas karena sinar matahari dan polusi, kebiasaan merokok, minum alkohol, konsumsi makanan dan minuman tinggi gula, kurang minum, kurang berolahraga, begadang, dan stres,” ujar dokter yang akrab disapa dr. Fei itu.

Dalam proses penuaan terjadi penurunan kadar asam hyaluronat yang fungsinya untuk melembabkan kulit serta membantu merangsang pertumbuhan kolagen untuk mengencangkan kulit.

Secara alami, di dalam tubuh terdapat enzim yang berfungsi menghancurkan asam hyaluronat yang disebut sebagai enzim hyaluronidase. Seiring pertambahan usia, kadar asam hyaluronat dan kadar enzim hyaluronidase berbanding terbalik, di mana kadar asam hyaluronat akan menurun sedangkan kadar enzim hyaluronidase meningkat.

Hal itulah yang menyebabkan kulit orang dewasa cenderung kering, kusam, dan membutuhkan produk perawatan yang bisa menutrisi sekaligus mengembalikan kekenyalan serta elastisitas kulit.

Dokter Fei menekankan, setiap orang harus memiliki pola pikir untuk menerima dan menganggap wajar proses penuaan. Cara pandang ini akan membuat kita lebih mencintai dan menerima proses penuaan sebagai suatu hal yang positif.

Selain itu, penggunaan skincare atau produk perawatan wajah bisa digunakan untuk mengurangi tanda-tanda penuaan dini. Serum dalam skincare yang berbahan alami, aman, dan teruji klinis bisa menjadi investasi jangka panjang perawatan kulit.

“Serum merupakan produk perawatan wajah yang paling cepat menyerap ke dalam kulit, karena kandungan bahan aktif yang diformulasikan sesuai dengan permasalahan kulit. Pemakaian serum efektif digunakan dua kali pagi dan malam hari, dan hasilnya sudah bisa terlihat sejak minggu kedua hingga keempat setelah pemakaian rutin,” ujar dr. Fei.

CEO dan Co-Founder About You Keysa Delfi menambahkan, About You percaya bahwa setiap manusia terlahir dengan potensi diri yang unik serta berkembang dengan cerita yang berbeda-beda. Begitu juga dengan perjalanan kesehatan kulit yang semakin kompleks seiring bertambahnya usia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1101 seconds (0.1#10.140)