Dunia Digital Kian Berkembang, Startup Ini Tawarkan Solusi Inovatif untuk Industri Logistik

Kamis, 06 Oktober 2022 - 17:33 WIB
loading...
Dunia Digital Kian Berkembang, Startup Ini Tawarkan Solusi Inovatif untuk Industri Logistik
McEasy memperkenalkan aplikasi Transportation Management System (TMS) Mobile yang baru diluncurkan bulan Agustus lalu. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Perkembangan dunia digital yang memberi dampak pada gaya hidup masyarakat urban yang digunakan untuk membantu berbagai aktifitas termasuk dalam hal transportasi logistik membuat McEasy, startup manajemen dan pelacakan logistik pintar, menawarkan dua solusi inovatif untuk permasalahan industri logistik di Indonesia, yaitu Vehicle Smart Management System (VSMS), Transportation Management System (TMS), dan Smart Driver Apps.

VSMS merupakan solusi digital untuk membantu operasional logistik dan pelacakan lokasi kendaraan secara real-time. Sementara itu, TMS merupakan software cerdas untuk perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan optimisasi proses pengiriman barang secara terpadu untuk menjadikan keseluruhan proses lebih efisien.

Berbagai kecanggihan dunia digital dalam bidang transportasi logistik itu dibuktikan McEasy berpartisi lewat kegiatan Logistik & Transportasi Indonesia (IIBT) 2022 di Jakarta International Expo, Kemayoran Hall DI yang berlangsung selama 3 hari, pada 5 Oktober hingga 7 Oktober 2022.

Dalam kesempatan itu, McEasy memperkenalkan aplikasi Transportation Management System (TMS) Mobile yang baru diluncurkan bulan Agustus lalu. Aplikasi mobile ini hadir untuk membantu UKM (Usaha Menengah Atas) di bidang logistik dan transportasi dalam memantau informasi aliran barang secara real time.



“Dengan infrastruktur manajemen logistik yang lebih canggih, kami berupaya untuk menjawab permasalahan lama yang telah terjadi selama bertahun-tahun di Indonesia, terutama kurangnya integrasi antara pihak-pihak yang terlibat di rantai pasok. Selama ini, sistem operasional kebanyakan masih menggunakan cara-cara manual dengan administrasi yang rumit. McEasy ingin membawa angin perubahan digitalisasi agar proses rantai pasok bisa berjalan secara otomatis, lebih mudah dan lebih efisien, untuk semua pihak yang terlibat,” kata Raymond Sutjiono, Co-Founder McEasy melalui siaran pers kepada SINDOnews.com, Kamis (6/10).

Raymond menjelaskan, melalui TMS, pelanggan McEasy dapat melacak posisi kendaraan dan seluruh biaya operasional secara transparan, tanpa perlu repot untuk memeriksanya secara manual.

“McEasy juga menggunakan model bisnis berbasis langganan (subscription) dan menawarkan kustomisasi solusi, untuk disesuaikan dengan skala bisnis pelanggan, seperti third-party logistics (3PL), fourth-party logistics (4PL), distributor, atau perusahaan brand,” ujar Raymond.

Menurut, Raymond, kehadiran solusi-solusi ini membantu semua pelaku bisnis logistik, mulai dari perusahaan manufaktur dan distribusi hingga perusahaan brand besar yang telah memiliki armada sendiri.

“Terlebih sejak adanya regulasi pemerintah yang mewajibkan angkutan umum orang untuk memasang alat pemantau pergerakan kendaraan elektronik atau Global Positioning System (GPS), banyak perusahaan transportasi umum seperti bis yang membutuhkan integrasi sistem GPS dalam dashboard VSMS McEasy,” ungkap Raymond.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1458 seconds (0.1#10.140)