Begini Cara Mengatasi Aquagenic Urticaria atau Alergi Air Hujan

Jum'at, 07 Oktober 2022 - 16:58 WIB
loading...
Begini Cara Mengatasi Aquagenic Urticaria atau Alergi Air Hujan
Flu, batuk, dan demam menjadi penyakit yang umum terjadi ketika musim hujan tiba, namun air hujan ternyata juga bisa memicu sesorang terkena alergi. / Foto: ilustrasi/allergieberatung
A A A
JAKARTA - Flu, batuk, dan demam menjadi penyakit yang umum terjadi ketika musim hujan tiba. Namun, air hujan ternyata juga bisa memicu sesorang terkena alergi.

Dalam dunia medis, alergi tersebut biasa dikenal sebagai aquagenic urticaria. Alergi jenis ini merupakan salah satu bentuk alergi air hujan dan kondisi langka.

Aquagenic urticaria dapat menyebabkan ruam, gatal, dan nyeri pada kulit. Orang yang menderita aquagenic urticaria dapat mengalami gejala yang timbul dalam beberapa menit setelah terkena air. Mulai dari eritema atau kemerahan pada kulit, sensasi terbakar, luka, bento atau ruam dan peradangan.

Baca juga: Aquagenic Urticaria, Alergi Air Hujan yang Perlu untuk Diketahui

Lalu, pengobatan apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi alergi air hujan atau aquagenic urticaria? Berikut ulasannya.

1. Mandi

Mandi menjadi salah satu solusi pertama yang harus dilakukan saat telah terpapar air hujan. Hal ini karena mandi bisa membersihkan Anda dari kotoran dan alergen yang ada dari air hujan atau air genangan.

2. Minum Air Putih

Orang dengan alergi air hujan atau air tertentu bisa diatasi dengan minum air putih. Pastikan jangan minum air dari sumber alergi agar alergi tidak semakin parah.

3. Menghindari Penyebab Alergi
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1626 seconds (0.1#10.140)