Benarkah Berkeramas usai Berolahraga Tidak Disarankan?

Minggu, 09 Oktober 2022 - 07:01 WIB
loading...
Benarkah Berkeramas usai Berolahraga Tidak Disarankan?
Setelah olahraga, umumnya seseorang ingin lekas mandi dan keramas, karena merasa tidak nyaman. / Foto: ilustrasi/freepik.com
A A A
JAKARTA - Tubuh biasanya mengeluarkan keringat yang lebih banyak usai berolahraga. Bukan hanya badan, kepala pun juga, apalagi kepala memiliki kelenjar keringat dan minyak yang cukup banyak, sehingga setelah berolahraga kelenjar tersebut berproduksi lebih banyak.

Setelah olahraga, umumnya seseorang ingin lekas mandi dan keramas , karena merasa tidak nyaman. Namun, ada mitos yang menyebut bahwa keramas setelah olahraga tidak disarankan.

Dermatologist & Content Creator, Dr. Danar W. Msc, SpDV, mengungkapkan, setelah olahraga atau beraktivitas seharian justru sangat dianjurkan untuk langsung mandi dan keramas.

Baca juga: Tips Mengatasi Masalah Rambut untuk Wanita Berhijab

"Semakin lama menunda mandi, itu mikro biotica berkembang semakin banyak, jadi overgrowth, menyebabkan bakteri semakin banyak dan menyebabkan berketombe," kata dokter Danar dalam keterangan tertulis, Sabtu (8/10/2022).

Dokter Danar menambahkan, untuk pemilihan haircare sendiri pastinya harus disesuaikan dengan kondisi masalah rambut. Gunakan haircare yang mengandung bahan alami dan aman untuk kulit.



"Sebelum pilih haircare sebaiknya cari tahu formulasi yang digunakan. Sebab bila terlalu keras membuat rambut gampang rusak," ungkapnya.

Misalnya saja, kandungan micellar technology yang mampu membersihkan minyak dan kotoran berlebih di kulit kepala secara efektif.

Baca juga: Sinopsis Drama Little Women: Kim Go Eun Berjuang Keras untuk Kebebasannya

"Bisa juga gunakan haircare yang dapat mengatasi minyak berlebih di kulit kepala. Pilih haircare yang sesuai kebutuhan," pungkasnya.
(nug)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2738 seconds (11.210#12.26)