Diidap Robbie Coltrane Sebelum Tutup Usia, Apa Itu Osteoartritis?

Sabtu, 15 Oktober 2022 - 14:19 WIB
loading...
Diidap Robbie Coltrane Sebelum Tutup Usia, Apa Itu Osteoartritis?
Aktor pemeran Hagrid di Harry Potter, Robbie Coltrane sebelum meninggal dunia pada Jumat, 14 Oktober 2022, diketahui mengidap osteoartritis (OA). / Foto: Reuters/David Manning
A A A
JAKARTA - Aktor pemeran Hagrid di Harry Potter, Robbie Coltrane sebelum meninggal dunia pada Jumat, 14 Oktober 2022, diketahui mengidap osteoartritis (OA).

Penyakit tersebut membuatnya sangat kesakitan sepanjang hari hingga harus hidup di atas kursi roda.

Aktor yang meninggal dunia di usia 72 tahun itu sempat dirawat di Rumah Sakit Forth Valley Royal Hospital di Larbert, Skotlandia, selama 2 tahun lamanya.

Baca juga: Robbie Coltrane, Pemeran Hagrid di Harry Potter Meninggal Dunia

Penyakit osteoartritis (OA) yang dialami Robbie identik sekali dengan penyakit lansia. Meski menurut catatan Kementerian Kesehatan, penyakit OA tidak menutup kemungkinan dialami mereka berusia muda.

Osteoartritis adalah penyakit yang timbul akibat kerusakan jaringan tulang rawan yang melapisi tulang, sehingga tulang saling berbenturan ketika digerakkan. Nah, pada kasus Robbie Coltrane, dia mengaku sudah tidak punya tulang rawan lagi, dan itu yang membuatnya merasa kesakitan sepanjang hari.

Lebih lanjut, dijelaskan Prof. Dr. dr. Handono Kalim, SpPD K-R, bahwa penyakit OA adalah kasus penyakit reumatik yang paling sering ditemui. Penyakit ini bisa mengenai laki-laki maupun perempuan, namun lebih sering dialami perempuan.

"Osteoartritis dapat menimbulkan nyeri kronik dan sebabkan disabilitas serta dapat memengaruhi kualitas hidup pasien," ujar Prof Handono, seperti dikutip dari laman resmi Reumatologi, Sabtu (15/10/2022).



Lantas, apa saja gejala Osteoartritis?
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1570 seconds (0.1#10.140)