Inang, Film Horor Berbalut Mitos Jawa Rebo Wekasan

Sabtu, 15 Oktober 2022 - 23:25 WIB
loading...
Inang, Film Horor Berbalut Mitos Jawa Rebo Wekasan
Inang merupakan film horor yang dibalut dengan mitos Jawa yaitu Rebo Wekasan. Rebo Wekasan dipercaya oleh banyak orang sebagai hari yang dianggap paling sial. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Inang merupakan film horor yang dibalut dengan mitos Jawa yaitu Rebo Wekasan . Rebo Wekasan dipercaya oleh banyak orang sebagai hari yang dianggap paling sial.

Fajar Nugros selaku sutradara Inang mengatakan bahwa film garapannya ini dibalut dengan mitos Jawa. Menurut Fajar, mitos Jawa turut menjadi ide awal cerita lantaran hal itu sudah sangat familiar di dalam kehidupannya sejak kecil.

“Dari kecil saya selalu dekat dengan banyak selametan, saya kan orang Jawa di Jogja, dikit-dikit selametan biar selamat ini itu, dan itu nempel sampai besar," kata Fajar di Jakarta baru-baru ini.

Tak hanya berfokus pada mitos Jawa, film yang tayang perdana di bioksop pada Kamis, 13 Oktober 2022 ini juga mengisahkan seorang ibu hamil. Fajar pun menceritakan ide awal film horor perdananya ini.



Inang, Film Horor Berbalut Mitos Jawa Rebo Wekasan

Foto/Imdb

Alih-alih saat mengalami hal mistis atau menonton film horor, Fajar mengaku ide untuk membuat film Inang muncul saat dirinya melihat ibu hamil yang ditemui saat berada di kereta. Khususnya commuter line atau KRL.

“Ini film ada karena saya dulu tiap hari naik angkutan umum dari BSD ke Jakarta dengan commuter line. Saya selalu lihat mbak-mbak atau ibu-ibu yang hamil bersusah payah,” jelas Fajar.

Saat melihat ibu hamil, Fajar sempat berpikir di mana keberadaan para suami sehingga istri mereka harus begitu susah payah menjalani hari. Dia juga memikirkan perlakuan lingkungan sekitar terhadap ibu hamil, khususnya ibu tunggal.

"Saya pikir kota besar itu bagaimana memperlakukan single mother. Apakah kota sudah sangat ramah dengan perempuan, yang ada dipikiran saya seperti itu,” ujar Fajar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1549 seconds (0.1#10.140)