10 Jenis Makanan Tradisional yang Efektif Cegah Stunting

Senin, 17 Oktober 2022 - 16:04 WIB
loading...
10 Jenis Makanan Tradisional yang Efektif Cegah Stunting
Intervensi stunting lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengajak masyarakat kembali beralih ke makanan tradisional. / Foto: ilustrasi/freepik.com
A A A
JAKARTA - Angka stunting di Indonesia masih cukup tinggi, yakni 24,4 persen. Presiden Joko Widodo telah menargetkan di 2024 kejadian stunting bisa di bawah 14 persen.

Guna merealisasikan target tersebut, dilakukan banyak hal mulai dari memastikan calon pengantin memiliki kesehatan tubuh yang prima hingga pengelolaan kualitas kesehatan ibu hamil.

Selain itu, intervensi stunting lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengajak masyarakat kembali beralih ke makanan tradisional. Pasalnya, jenis makanan ini dianggap bisa mencegah stunting.

Baca juga: Anak Tukul Arwana Unggah Kondisi sang Ayah, Warganet Doakan Lekas Sembuh

"Strategi gastronomi dengan menu gizi seimbang dan bahan pangan lokal yang diolah menjadi berbagai hidangan yang enak dan menyehatkan dapat memperbaiki gizi anak dan menurunkan stunting," jelas Pakar Gastronomi, Hindah Muaris ketika ditemui di acara Deklarasi Indonesian Gastronomy Community Mencegah Stunting Berbasis Makanan Tradisional, di Jakarta, Senin (17/10/2022).

Penurunan stunting bisa dilakukan dengan menggunakan pendekatan gastronomi smart yaitu dengan mengonsumsi beraneka ragam jenis makanan tradisional bergizi seimbang pun pangan berprotein tinggi. Hal yang tak boleh dilupakan juga adalah memastikan asupan minuman cukup per hari, kurang lebih 8 gelas per hari.

Dalam kesempatan itu juga Hindah menjelaskan beberapa jenis makanan tradisional yang membawa manfaat baik untuk mencegah stunting, antara lain:

1. Tempe

Pangan sederhana yang dibuat dari kacang kedelai ini mengandung banyak manfaat yang baik untuk kesehatan, salah satunya tinggi protein.

2. Selat solo
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2184 seconds (0.1#10.140)