Viral! Ibu Hamil Dugem di Klub, Ini Dampak Berat yang Bisa Dialami Janinnya

Selasa, 18 Oktober 2022 - 11:01 WIB
loading...
Viral! Ibu Hamil Dugem di Klub, Ini Dampak Berat yang Bisa Dialami Janinnya
Video seorang perempuan yang tengah hamil menikmati momen keseruan alias dugem di klub malam viral di media sosial. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Video seorang perempuan yang tengah hamil menikmati momen keseruan alias dugem di klub malam viral di media sosial. Dia tidak pergi bersama sahabat, melainkan dengan suami sendiri.

Video tersebut dibagikan pertama kali oleh akun TikTok @inilailaaaaa dan diunggah ulang akun Twitter @dprhiburanmalam.

"Lagi hamil diam dirumah (X). Lagi hamil dugem sama suami (V)," demikian keterangan yang tersemat di dalam video.

Baca Juga: Viral! Ibu Hamil Kembar Tiga, Baby Bump Raksasanya Jadi Sorotan

Jika benar si perempuan tengah hamil dan pergi ke klub malam yang biasanya penuh asap rokok, berarti si ibu membiarkan janin yang ada di dalam kandungannya berpotensi memiliki penyakit bawaan. Kenapa begitu?

Sudah banyak studi yang dilakukan terkait bahaya asap rokok pada ibu hamil, seperti yang dilaporkan laman resmi Rumah Sakit Ibu dan Anak Pemerintah Aceh, bahwa salah satu risiko terburuk bumil terpapar asap rokok adalah keguguran.

"Bahan kimia yang terdapat di dalam rokok akan masuk ke aliran darah bumil dan janin, sehingga dapat mengganggu perkembangan janin, kelainan genetik, serta cacat bawaan lahir. Itu kenapa risiko keguguran pada trimester pertama akan meningkat bila bumil terpapar asap rokok," terang laporan laman tersebut, dikutip Selasa (18/10/2022).

Masalah lain yang akan dihadapi ibu hamil jika terpapar asap rokok adalah bayi lahir dengan berat badan rendah. Jika ini terjadi, bayi bakal berisiko alami gangguan pernapasan, hipotermia, infeksi, masalah pada saluran cerna, hingga gangguan otak.

Baca Juga: Viral! Video Bidan Joget Nunggu Ketuban Ibu Hamil Pecah Banjir Hujatan

Sindrom kematian bayi mendadak juga menjadi risiko lain bumil bila terpapar asap rokok. Masalah lain adalah bayi berpotensi lahir prematur yang mana ini bisa menyebabkan masalah lanjutan seperti penyakit jantung bawaan, perdarahan di pembuluh darah otak, penyakit kuning, infeksi, gangguan organ tertentu seperti saluran cerna dan napas, kesulitan menyusui, hingga gangguan kesehatan paru-paru.

"Dampak buruk merokok di dekat ibu hamil sangat membahayakan kesehatan bayi yang dikandung. Untuk itu, bagi perokok berhati-hatilah saat merokok di dekat bumil, bahkan lebih baik hentikan kebiasaan merokok mulai sekarang," saran laman tersebut.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1877 seconds (11.210#12.26)