Penyebab Gangguan Ginjal Akut Masih Misterius, IDAI Curigai Hal Ini

Selasa, 18 Oktober 2022 - 17:57 WIB
loading...
Penyebab Gangguan Ginjal Akut Masih Misterius, IDAI Curigai Hal Ini
Penyebab gangguan ginjal akut yang menyerang anak-anak hingga saat ini masih belum juga diketahui secara pasti. / Foto: ilustrasi/Medical News Today
A A A
JAKARTA - Penyebab gangguan ginjal akut yang menyerang anak-anak hingga saat ini masih belum juga diketahui secara pasti.

Kendati demikian, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) sempat menduga beberapa hal penyebabnya, termasuk obat paracetamol sirup.

"Kami juga sempat mencurigai bahwa gangguan ginjal akut ini disebabkan oleh obat paracetamol sirup atau obat batuk sirup, seperti yang terjadi di Gambia, Afrika," jelas Ketua Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia dr Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K), secara virtual, Selasa (18/10/2022).

Baca juga: Berbedakah Gagal Ginjal dengan Gangguan Ginjal Akut? Begini Penjelasan IDAI

Dengan kecurigaan tersebut, dr. Piprim meminta kepada semua orang tua yang punya anak untuk hindari dulu penggunaan paracetamol sirup sampai diketahui kepastian penyebab gangguan ginjal akut.

Menurutnya, pesan ini dirasa penting untuk disampaikan lantaran masih banyak orang tua di luar sana yang terlalu mudah memberi anak obat padahal cuma demam.

Bahkan, tidak sedikit yang memberikan anak antibiotik yang tidak diresepkan dokter.



"Masyarakat kita itu cepat sekali beri minum obat ke anaknya. Jadi, anak sakit sedikit, langsung minum obat, langsung kasih antibiotik yang sudah dijual bebas," ungkapnya.

Jadi, karena masih misterius penyebab penyakitnya, IDAI meminta kepada orang tua untuk tidak memberikan obat paracetamol atau obat batuk yang mengandung Dietilen Glikol dan Etilen Glikol seperti yang ada di obat batuk buatan India.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2636 seconds (0.1#10.140)