Upaya BPJS Kesehatan dan Faskes Tingkatkan Mutu Pelayanan Diapresiasi Kemenkes

Rabu, 19 Oktober 2022 - 16:04 WIB
loading...
Upaya BPJS Kesehatan dan Faskes Tingkatkan Mutu Pelayanan Diapresiasi Kemenkes
Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) semakin diperkuat BPJS Kesehatan dan juga Fasilitas Kesehatan (faskes). / Foto: Melati Septyana Pratiwi
A A A
JAKARTA - Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) semakin diperkuat BPJS Kesehatan dan juga Fasilitas Kesehatan (faskes). Kolaborasi tersebut diharapkan bisa meningkatkan mutu pelayanan bagi peserta JKN.

Hal ini mendapat apresiasi tinggi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), yang diwakili Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Rizka Andalucia.

"Kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada BPJS Kesehatan yang telah menjalakan program JKN berdasarkan fungsinya sebagaimana yang diamanahkan dalam undang-undang," ungkap Rizka Andalucia, dalam Pertemuan Nasional Fasilitas Kesehatan 2022 di Jakarta, Rabu (19/10/2022).

Baca juga: Cegah Gangguan Ginjal Akut, IDAI Sarankan 3 Cara Sederhana Berikut Ini

Menurut Rizka, kolaborasi antara BPJS Kesehatan dan juga Faskes dinilai sudah baik dan sudah sepatutnya untuk dijaga. Lebih lanjut, Rizka Andalucia mengharapkan adanya peningkatkan jumlah faskes bagi masyarakat.

"Patut dijaga serta ditingkatkan dengan menambah jumlah fasilitas kesehatan, seiring dengan penambahan jumlah kepesertaan setiap tahunnya agar akses masyarakat semakin mudah dijangkau semuanya," ucapnya.

Masih berkaitan dengan harapan Rizka terkait jumlah faskes yang bekerja sama, Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti pun menyampaikan fakta positif.

Menurutnya, faskes yang turut berkolaborasi dengan BPJS Kesehatan semakin hari kian meningkat pesat. "Kita lihat juga faskes yang kerja sama itu meningkat terus secara tajam. untuk rumah sakit saja sudah lebih dari 2.850," papar Ghufron.

"Kalau dulu awal-awal rumah sakit terutama swasta ogah-ogahan, sekarang itu berlomba lomba untuk ikut masuk melayani," sambungnya.

Ghufron Mukti lantas menyebutkan jika pihak BPJS Kesehatan akan terus mengupayakan pelayalanan terbaik bagi masyarakat, lewat kolaborasi inovasi untuk faskes berkualitas.

Sementara itu, pihak Kemenkes juga akan berkomitmen menjaga mutus fasilitas kesehatan serta siap berkolaborasi dengan BPJS Kesehatan. Rizka Andalucia mengutarakan, Kemenkes bakal mendukung perluasan akses layanan kesehatan, termasuk pula menggandeng pihak swasta.

Baca juga: Kemenkes Ungkap Penyebab Tingginya Angka Kematian Pasien Gangguan Ginjal Akut

"Berbagi upaya untuk mengoptimalkan Program JKN terus dilakukan Kementerian Kesehatan bersama seluruh stakeholder. Terkait dengan rencana penerapan kebijakan mulai dari penyesuaian tarif, Kebutuhan Dasar Kesehatan (KDK), maupun revisi regulasi terkait, tengah dilakukan dan diharapkan dapat mengoptimalkan kualitas dan keberlangsungan Program JKN," jelasnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2039 seconds (0.1#10.140)