Siapkan 200 Vial Fomepizole untuk Pasien Gangguan Ginjal Akut, Menkes Budi: Obat Ini Efektif

Jum'at, 21 Oktober 2022 - 20:55 WIB
loading...
Siapkan 200 Vial Fomepizole untuk Pasien Gangguan Ginjal Akut, Menkes Budi: Obat Ini Efektif
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan obat fomepizole untuk gangguan ginjal akut pada anak akan didatangkan dari Singapura. Foto/Dok.Sindonews
A A A
JAKARTA - Penanganan gangguan ginjal akut pada anak di Indonesia terus diupayakan oleh pemerintah. Salah satunya menyediakan obat sebagai treatment untuk menyembuhkan penyakit tersebut dengan obat fomepizole.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan obat fomepizole didatangkan dari Singapura. Pihaknya mengaku bakal memesan sebanyak 200 vial, untuk para pasien.

"Obatnya kita sudah ada dari Singapura. Kita mau bawa 200 vial. Satu orang cukup satu vial katanya," ungkap Menkes Budi dalam Konferensi Pers Update Gangguan Ginjal Akut Anak di Indonesia di Gedung Kementerian Kesehatan, Jumat (21/10/2022)

Sebelumnya, obat fomepizole sudah diberikan kepada 10 pasien di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM). Untuk hasilnya, Budi memastikan efektif.



Dimana sebagian pasien dinyatakan menjadi lebih baik kondisinya, setelah mengonsumsi obat itu. Sebagiannya dalam kondisi stabil, sehingga Indonesia akan memesan kembali ke Singapura.

Sejauh ini, Budi mengatakan obat tersebut mampu menurunkan fatality rate dari gangguan ginjal akut pada anak.

"Sudah ketemu obatnya nanya hepovisen kita coba ke 10 pasien di RSCM. Dari Kondisinya sebagian membaik dan sebagian stabil," imbuhnya.

"Bahwa kami beranggapan obat ini efektif dan kami akan mendatangkan obatnya. diharapkan obat ini dapat menurunkan fatality rate-nya. Jadi selain kita cegah penyakitnya tapi juga treatmentnya," jelas Budi.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3425 seconds (0.1#10.140)