Mengenal Fomepizole, Obat Antidotum untuk Atasi Gagal Ginjal Akut Akibat Keracunan Etilen Glikol

Sabtu, 22 Oktober 2022 - 18:40 WIB
loading...
Mengenal Fomepizole, Obat Antidotum untuk Atasi Gagal Ginjal Akut Akibat Keracunan Etilen Glikol
Kemenkes baru-baru ini telah memesan fomepizole dari Singapura yang disebut-sebut sebagai obat gagal ginjal akut pada anak yang terjadi akhir-akhir ini. Foto/Dok.Sindonews
A A A
JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) baru-baru ini memesan fomepizole dari Singapura yang disebut-sebut sebagai obat penangkal racun (antidotum) gangguan ginjal akut pada anak yang terjadi akhir-akhir ini.

"Obatnya, kita sudah ada dari Singapura,” kata Menkes Budi dalam Konferensi Pers Update Gangguan Ginjal Akut Anak di Indonesia di Gedung Kementerian Kesehatan, Jumat (21/10/2022).

Sebelumnya, obat fomepizole ini sudah diberikan kepada 10 orang pasien yang dirawat di RSCM, dan memperlihatkan hasil yang positif.

Lantas, apa itu fomepizole?

Fomepizole merupakan obat antidotum yang digunakan pada kasus keracunan senyawa antibeku (etilen glikol) dan metanol, zat yang terkandung pada pelarut, bensin, dan senyawa otomotif atau rumah tangga lainnya.



Selain itu, fomepizole juga digunakan bersamaan dengan prosedur cuci darah (hemodialisis) untuk mengeluarkan racun dari tubuh. Fomepizole bekerja dengan menghambat alkohol dehidrogenase, enzim dalam tubuh yang dapat memetabolisme etilen glikol dan metanol sehingga menjadi bentuk yang beracun.

Cara pemberian fomepizole

Fomepizole akan diberikan secara injeksi melalui akses intravena. Prosedur ini akan dilakukan oleh tenaga kesehatan di rumah sakit.

Selama menjalani prosedur, pasien akan diberikan obat-obatan lain atau cairan intravena sebagai bagian dari terapi. Selain itu, pemantauan ketat akan dilakukan terhadap pernapasan, tekanan darah, kadar oksigen, fungsi ginjal, dan tanda-tanda vital lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3251 seconds (0.1#10.140)