Kasus Gagal Ginjal Akut Menurun usai Larangan Konsumsi Obat Sirup Dikeluarkan, Ini Kata Menkes Budi

Senin, 24 Oktober 2022 - 16:55 WIB
loading...
Kasus Gagal Ginjal Akut Menurun usai Larangan Konsumsi Obat Sirup Dikeluarkan, Ini Kata Menkes Budi
Menkes Budi Gunadi Sadikin melaporkan bahwa dampak dari larangan konsumsi obat cair yang dikeluarkan memberi dampak positif terhadap kasus gagal ginjal akut pada anak di Indonesia. Foto/YouTube Kemenkes
A A A
JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengklaim bahwa dampak dari larangan konsumsi obat cair yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan beberapa hari lalu memberi dampak positif untuk pengendalian penyakit gangguan ginjal akut.

"Sejak kami mengeluarkan imbauan untuk menghentikan konsumsi obat cair sementara, terjadi penurunan pasien baru masuk rumah sakit," kata Menkes Budi dalam konferensi pers virtual, Senin (24/10/2022).

Ia melanjutkan, mengacu pada data RSCM Jakarta, yang tadinya satu kasur ICU dipakai untuk 2-3 pasien bayi, tapi kini pasiennya sudah mulai menurun jumlahnya.

Jadi, ada dampak nyata kebijakan yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan terkait dengan menghentikan sementara penggunaan obat cair untuk anak-anak.



Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sendiri sudah mencabut penggunaan obat cair tertentu yang dinyatakan aman dari cemaran etilen glikol dan dietilen glikol. Sejalan dengan keluarnya daftar obat-obatan yang terbukti tidak mengandung EG dan DEG di dalamnya, atau kandungan cemaran tersebut masih dalam ambang batas.

Mengacu pada update data kasus harian, gangguan ginjal akut hingga 23 Oktober 2024 total kasusnya adalah 245 kasus di 26 provinsi. Total kematian sudah ada 141 kasus dengan 38 pasien gangguan ginjal sudah dinyatakan sembuh.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2242 seconds (0.1#10.140)