7 Sayuran yang Tidak Gampang Busuk, Banyak Khasiatnya Loh!

Selasa, 25 Oktober 2022 - 14:22 WIB
loading...
7 Sayuran yang Tidak Gampang Busuk, Banyak Khasiatnya Loh!
Terdapat sejumlah sayuran yang tidak gampang busuk dan memiliki banyak khasiat. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah sayuran yang tidak gampang busuk dan memiliki banyak khasiat . Bahkan, sayuran tersebut cukup tahan hingga berbulan-bulan dalam lemari es .

Pada umumnya, sayuran cepat membusuk meski disimpan dalam lemari es. Sehingga sebelum membusuk harus cepat untuk disajikan.

Baca juga : Begini Lima Cara Sehat Menikmati Sayur Bayam

Namun terdapat beberapa sayur yang dapat bertahan lama di lemari es, bahkan hingga berbulan bulan. Sehingga dapat disimpan dalam kurun waktu yang cukup lama, selain itu dapat juga untuk menghemat uang belanja.

Selain awet disimpan dalam jangka waktu yang lama beberapa sayur ini juga memiliki kandungan gizi yang tinggi dan kaya akan khasiat.

Berikut tujuh sayuran yang tidak gampang busuk dan berkhasiat :

1. Kubis

Melansir dari time.com, Kubis memiliki kandungan air yang jauh lebih rendah daripada sayuran lain seperti bayam. Kandungan air tersebut membantu memperpanjang umur simpannya. Bungkuslah dengan plastik dan simpan di lemari es, sayur ini bisa bertahan sekitar 2 bulan.

Dalam kubis terdapat vitamin A, zat besi, vitamin B6, dan folat yang penting untuk metabolisme energi dan fungsi normal sistem saraf. Antioksidan di dalamnya melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

2. Bit

Sayuran asal Eropa ini mampu bertahan selama 2-4 bulan di kulkas. Sebelum disimpan, potonglah daunnya terlebih dahulu dan bungkus dengan kantong plastik.

Bit memiliki kandungan antioksidan, vitamin A, vitamin B-6, dan zat besi yang dipercaya dapat melindungi hati dari inflamasi dan stres oksidatif, serta meningkatkan kinerjanya untuk mengeluarkan racun dari tubuh.

3. Wortel

Kunci untuk membuat wortel bertahan lama adalah menjaganya tetap kering. Sebab mengeluarkan banyak uap air menyebabkan wortel lebih cepat membusuk.

Untuk itu gunakanlah handuk untuk menyerap kelembabannya dan gantilah ketika sudah mulai basah atau lembab. Bila disimpan dengan cara demikian maka wortel dapat tahan selama beberapa bulan.

Terdapat banyak khasiat dari wortel. Di antaranya menjaga kesehatan mata, mencegah tekanan darah tinggi, menjaga kesehatan saluran cerna, hingga meningkatkan imun tubuh.

4. Bawang Bombay

Dilansir dari prevention.com, Bawang ini akan bertahan dalam jangka lama bila disimpan di tempat yang kering dengan suhu antara 30-50 °F, yang membuatnya akan bertahan hingga satu tahun.

Beberapa khasiat dari bawang bombay di antaranya mengatasi darah tinggi, menyehatkan jantung, mengontrol gula darah dan meningkatkan kepadatan tulang.

Baca juga : Segar Manis Sop Sayur Tanpa Daging, Ini Resepnya

5. Kentang

Suhu penyimpanan ideal untuk kentang adalah 40°F dan jangan tempatkan kentang di ruangan yang terkena sinar matahari langsung karena akan membuatnya berubah warna menjadi hijau. Menyimpan di ruang bawah tanah juga dapat menjadi salah satu opsi.

Kentang dapat bertahan hingga 2-4 bulan. Kaya akan serat, kalium, vitamin C, dan vitamin B6 yang membuatnya dapat memelihara kesehatan jantung, dan juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

6. Lobak

Sama seperti wortel, lobak juga membutuhkan handuk untuk menyerap kelembabannya. Penyimpanan model ini dapat membuat lobak bertahan hingga satu bulan.

Khasiat dari wortel putih ini ialah melancarkan sistem pencernaan, menurunkan berat badan, menjaga kesehatan jantung, hingga mengurangi kolesterol.

7. Bawang Putih

Bawang putih bertahan paling lama saat disimpan pada suhu 60-65 °F dan kelembaban sedang. Sama halnya seperti umbi umbian yang lain, Bawang Putih juga dapat bertahan hingga berbulan bulan.

Manfaat dari bawang putih sendiri ialah untuk menjaga saluran pencernaan, menurunkan hipertensi, menyehatkan liver, dan meningkatkan sistem imun.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1726 seconds (0.1#10.140)