Kenali Tanda Gagal Ginjal pada Anak, Ini Langkah Pertama yang Harus Dilakukan Orang Tua

Rabu, 26 Oktober 2022 - 19:25 WIB
loading...
Kenali Tanda Gagal Ginjal pada Anak, Ini Langkah Pertama yang Harus Dilakukan Orang Tua
Spesialis Anak dr. Hestu Putri Yanuarti, SpA, MKes sebagai narasumber dalam Podcast Aksi Nyata, Rabu (26/10/2022). Foto/YouTube Partai Perindo
A A A
JAKARTA - Para orang tua belakangan ini dibuat khawatir oleh kasus gagal ginjal akut atau gangguan ginjal akut progresif atipikal pada Anak (GGAPA) yang terus bertambah. Mereka melakukan segala cara agar si buah hati tidak terserang penyakit tersebut.

Spesialis Anak dr. Hestu Putri Yanuarti, SpA, MKes mengatakan, para orang tua diharuskan lebih waspada terhadap kesehatan anak-anak mereka. Khususnya terkait gejala yang menunjukkan adanya gagal ginjal.



"Ayah bunda di rumah yang harus diwaspadai adalah gejala-gejala yang berhubungan dengan ginjal itu," kata dr. Hestu dalam Podcast Aksi Nyata bersama Partai Perindo bertajuk Kenali Penyebab Gagal Ginjal Pada Anak dan Bagaimana Cara Pencegahannya, Rabu (26/10/2022).

Lebih lanjut dr. Hestu menjelaskan, salah satu gejala atau tanda terjadinya gagal ginjal yaitu jumlah takaran urin anak lebih sedikit yang tak seperti biasanya.

"Kalau urin atau pipis anaknya berkurang tidak seperti biasanya, itu harus diwaspadai," ujar dia.


Karena itu dr. Hestu menyarankan, jika anak-anak kedapatan memiliki tanda-tanda terjadinya gagal ginjal, orang tua harus segera membawanya ke dokter. Jangan sampai menunda-nunda, apalagi pertolongan pertama hanya menggunakan obat bebas saja.

Obat bebas di sini artinya obat-obatan yang bisa didapat dan dibeli sendiri tanpa resep dari dokter. Sehingga dikhawatirkan akan memperparah keadaan anak apabila tidak sesegera mungkin ditangani oleh tim medis.

"Untuk awareness-nya, kalau misalnya anaknya infeksi, segera berobat," tandasnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3559 seconds (0.1#10.140)