Minuman Herbal Penurun Kolesterol Tinggi, hanya Butuh 5 Bahan

Minggu, 30 Oktober 2022 - 05:30 WIB
loading...
Minuman Herbal Penurun Kolesterol Tinggi, hanya Butuh 5 Bahan
Minuman herbal penurun kolesterol tinggi bisa dibuat di rumah. Selain terbukti ampuh menurunkan kadar kolesterol, minuman ini hanya membutuhkan lima bahan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Minuman herbal penurun kolesterol tinggi bisa dibuat di rumah. Pasalnya, selain terbukti ampuh dan efektif menurunkan kadar kolesterol dalam darah, minuman ini hanya membutuhkan lima bahan.

Meskipun ada obat untuk membantu menurunkan kolesterol, perubahan gaya hidup biasanya dianjurkan. Dan satu penelitian menunjukkan bahwa membuat minuman tertentu di rumah juga bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi.

Dilansir dari Express, Minggu (30/10/2022) makalah yang diterbitkan dalam Jurnal Gizi Nasional Indonesia pada 2020 ini merekomendasikan pencampuran bawang putih, jahe, lemon, madu, dan cuka sari apel untuk menurunkan kolesterol tinggi.

Makalah tersebut menjelaskan bahwa obat herbal penurun kolesterol berbahan alami dipercaya mampu menggantikan obat modern meski belum terbukti secara ilmiah. Sebagai bagian dari penelitian, 55 orang mengonsumsi setidaknya satu sendok minuman herbal itu selama 6 bulan.

Baca Juga: 6 Obat Kolesterol Rumahan yang Mudah Didapat, Banyak di Dapur Baik catatan kesehatan mereka dan kuesioner yang diisi oleh para peserta kemudian dianalisis.

Hasilnya menunjukkan bahwa 83,7 persen subjek mengalami penurunan kolesterol setelah mengonsumsi minuman herbal.

Selain itu, 90,9 persen subjek merasa lebih sehat dan bugar setelah mengonsumsi minuman herbal. Hasil rekam medis subjek profil lipid menunjukkan penurunan kolesterol total, kolesterol jahat dan trigliserida.

Berdasarkan persepsi dan rekam medis, diketahui bahwa minuman herbal dapat digunakan sebagai alternatif obat penurun kolesterol tradisional. Penelitian ini juga menemukan perubahan positif pada kesehatan dan persepsi emosional subjek setelah mengonsumsi minuman herbal.

Baca Juga: Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan Terong, Wajib Dicoba!

“Selanjutnya, hasil rekam medis pada profil lipid menunjukkan adanya penurunan kolesterol total, kolesterol jahat, dan trigliserida sebelum dan setelah mengonsumsi minuman herbal campuran selama 6 bulan,” jelas penelitian tersebut.

Adapun cara lain untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah adalah dengan makan lebih sedikit lemak jenuh, olahraga, berhenti merokok dan mengurangi alkohol.
(dra)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1024 seconds (10.55#12.26)