Waspadai Cuaca Ekstrem di Indonesia, Ini 5 Tips Menjaga Kesehatan

Selasa, 07 Juli 2020 - 12:03 WIB
loading...
Waspadai Cuaca Ekstrem di Indonesia, Ini 5 Tips Menjaga Kesehatan
BMKG menyebutkan potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat dan disertai angin kencang masih akan terjadi di sejumlah wilayah Indonesia. Anda pun harus mewaspadainya dengan menjaga kesehatan. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan bahwa potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat dan disertai angin kencang masih akan terjadi di sejumlah wilayah Indonesia mulai 6 -8 Juli mendatang.

Deputi Bidang Klimatologi BMKG Drs Herizal MSI menjelaskan cuaca ekstrem yang terjadi di sejumlah wilayah Indonesia disebabkan oleh kondisi atmosfer. Oleh karena itu, pastikan persiapan yang lebih agar tetap aman dan sehat di tengah cuaca ekstrem.

Tetapi sehat di saat cuaca ekstrem membutuhkan lebih banyak upaya daripada yang Anda pikirkan. Pasalnya, selain cuaca menjadi berubah, kondisi ini juga disertai berbagai penyakit dan memicu penyebaran penyakit. Agar tetap sehat selama cuaca ekstrem, seperti dilansir Times of India, berikut 5 cara mengatasinya.

1. Menjaga pola makan sehat
Memberi perhatian khusus pada diet Anda selama cuaca ekstrem sangat penting jika Anda ingin tetap sehat. Metabolisme Anda mungkin perlu sedikit dorongan dalam bentuk makanan ringan. Menambahkan buah-buahan dan sayuran musiman ke dalam diet adalah ide yang bagus. Namun, pastikan semuanya dicuci dengan benar sebelum dikonsumsi.

Ini dapat mencegah Anda tertular penyakit yang terbawa air yang menyebar selama cuaca ekstrem. Untuk menghindari alergi musiman, infeksi, demam virus, dan banyak lagi, jauhi makan makanan jalanan yang tidak higienis. Sebaliknya, konsumsilah lebih banyak makanan yang dimasak di rumah dan pilih minuman panas daripada yang dingin.

2. Pastikan lingkungan higienis
Apakah di rumah atau di tempat kerja, pastikan lingkungan Anda bersih dan bebas dari nyamuk dan serangga lainnya. Ada berbagai penolak yang dapat Anda pilih untuk membantu di sini. Misalnya, diffuser sangat bagus untuk digunakan di dalam ruangan, sementara penghalang nyamuk lebih cocok untuk digunakan di kebun, balkon dan ruang luar lainnya.

Anda juga dapat memilih semprotan anti serangga untuk melindungi diri dari lalat dan serangga lain saat melangkah keluar. Selain itu, pastikan lingkungan sekitar Anda bebas dari sampah dan genangan air. (Baca juga: Wabah Bubonic Mulai Dirasakan di Wilayah Monggolia, China ).

3. Berolahraga secara teratur dan tetap bugar
Cuaca ekstrem seharusnya tidak menghentikan Anda dari kegiatan olahraga harian. Jika tidak bisa berolahraga, pastikan Anda melakukan olahraga ringan atau yoga dan peregangan di rumah. Tulang yang pegal dan sendi yang berderit cenderung semakin memburuk selama musim hujan dan kondisi seperti radang sendi, linu panggul dan rematik menjadi lebih umum.

Latihan sendi dan otot secara teratur dapat memastikan bahwa bagian tubuh tersebut tetap dilumasi dan kuat, dan mencegah rasa sakit yang tidak perlu. Selain itu, olahraga membantu meningkatkan kekebalan tubuh, yang dapat membantu melawan penyakit.

4. Minum air bersih dan murni
Penyakit seperti kolera dan diare cukup sering terjadi saat musim hujan dan penyakit ini menyebar melalui air. Karena itu sangat penting bagi Anda untuk minum air bersih. Pastikan air yang Anda minum disaring atau direbus.

Hindari minum air dari tempat yang tidak dikenal. Jika Anda bepergian, bawa botol air sendiri atau beli air botolan murni. Selain itu, hindari minum jus atau cairan lain di pinggir jalan karena bisa berisiko. (Baca juga: Disebut Manfaatkan Ketenaran BTS, Charlie Puth Minta ARMY Tak Berlebihan ).

5. Selalu bawa payung
Basah karena hujan yang tiba-tiba dapat menyebabkan perubahan mendadak pada suhu tubuh yang dapat menyebabkan demam dan masuk angin. Untuk menghindari sakit, jangan lupa membawa payung ke mana pun Anda pergi. Ini bukan hanya alat hujan terbaik tetapi juga pelindung penyakit terhadap batuk, pilek, atau demam saat Anda terserang hujan.

Penting juga untuk menjaga kaki bersih dan kering untuk mencegah ruam dan pertumbuhan jamur. Hindari ruangan ber-AC jika rambut atau pakaian lembab. Kenakan pakaian hangat dan jaga agar tubuh tetap kering dan hangat. Teh herbal dengan sifat antibakteri adalah minuman yang ideal di musim ini. Konsultasikan dengan dokter jika mengalami demam, pilek atau gejala persisten lainnya.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1350 seconds (0.1#10.140)