Minum 2 Gelas Jus Jeruk Sehari Dapat Menurunkan Kolesterol Tinggi

Selasa, 01 November 2022 - 06:00 WIB
loading...
Minum 2 Gelas Jus Jeruk Sehari Dapat Menurunkan Kolesterol Tinggi
Minum dua gelas jus jeruk sehari dapat menurunkan kolesterol tinggi. Orang dengan kolesterol tinggi berisiko mengalami serangan jantung dan stroke. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Minum dua gelas jus jeruk sehari dapat menurunkan kolesterol tinggi . Kadar kolesterol jahat yang tinggi dapat dengan cepat bisa menjadi berbahaya. Orang dengan kolesterol tinggi berisiko mengalami serangan jantung dan stroke.

Dilansir dari Express, Selasa (1/11/2022) tetapi penelitian telah menunjukkan beberapa perubahan pola makan sederhana yang dapat menurunkan kolesterol tinggi. Salah satunya dengan minum jus jus jeruk setiap hari.

Sebuah studi dalam jurnal Lipids in Health and Disease menemukan bahwa minum dua cangkir jus jeruk sehari dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Minuman ini kaya akan nutrisi yang disebut flavonoid yang telah terbukti menurunkan kolesterol dalam penelitian lain.

Studi tersebut mengamati 103 pria dan 26 wanita yang bekerja di pabrik jus jeruk dan dapat minum jus jeruk secara gratis setiap hari. 41 persen dari sukarelawan dikonfirmasi peminum jus jeruk setiap hari selama setahun, dibandingkan dengan 59 persen yang tidak.



Orang sehat, dengan kadar kolesterol normal yang minum jus jeruk setiap hari mengalami penurunan kolesterol jahat sebesar 18 persen pada akhir percobaan. Sedangkan orang yang didiagnosis dengan kolesterol tinggi mengalami penurunan 12 persen.

Para penulis menjelaskan bahwa manfaat jus jeruk mungkin karena adanya vitamin C dan folat, serta bahan kimia bermanfaat lainnya. Jus jeruk mengandung sejumlah besar flavonoid, terutama hesperidin, dan kandungannya terkait dengan kondisi pemrosesan jus.

Flavonoid ini membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Penelitian sebelumnya menemukan efek antioksidan vitamin C bersifat vasoprotektif dan bahkan sejumlah kecil folat telah dikaitkan dengan tingkat homosistein yang lebih rendah dan lebih sedikit kejadian tromboemboli atau pembekuan darah yang menyebar ke area lain.

Mengonsumsi protein whey, yang dapat ditemukan dalam susu juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah. Protein whey, yang ditemukan dalam produk susu, dapat memberikan banyak manfaat kesehatan yang dikaitkan dengan produk susu.



“Penelitian telah menunjukkan bahwa protein whey yang diberikan sebagai suplemen menurunkan kolesterol jahat dan kolesterol total serta tekanan darah,” jelas Mayo Clinic.

Makanan lain yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat adalah ikan berlemak, seperti makarel, herring, tuna, salmon, dan trout, alpukat, kacang, beras merah, buah-buahan dan sayur-sayuran.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1249 seconds (0.1#10.140)