5 Rekomendasi Skincare Pria untuk Atasi Kulit Berminyak dan Berjerawat, Apa Saja?

Senin, 31 Oktober 2022 - 18:05 WIB
loading...
5 Rekomendasi Skincare Pria untuk Atasi Kulit Berminyak dan Berjerawat, Apa Saja?
Dokter Kulit RSIA Tambak, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV masalah kulit berminyak dan berjerawat tidak bisa mengandalkan face wash saja. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kulit berminyak dan berjerawat umumnya menjadi masalah kulit yang sering dialami oleh pria. Salah satu penyebabnya karena kelebihan hormon testosteron.

Produksi minyak berlebih bisa meningkatkan resiko terbentuknya sumbatan pada saluran pori dan menimbulkan makro/mikrokomedo yang apabila meradang akan menjadi jerawat.

Tak hanya itu, produksi minyak pada pria paling dominan disebabkan faktor hormonal, tetapi asupan makanan/minuman yang kaya dengan susu sapi (susu, yoghurt, keju, roti, cokelat, kue, dll) dan faktor genetik juga menjadi faktor penting.

Menurut Dokter Kulit RSIA Tambak, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV masalah kulit berminyak dan berjerawat tidak bisa mengandalkan face wash saja.



Bahan-bahan tambahan yang ada di produk facial wash sebenarnya tidak dapat diharapkan khasiat optimalnya apabila skincare yang digunakan hanya facial wash saja.

“Facial wash itu tidak didesain untuk menempel lama di kulit,” ujarnya dalam keterangan pers yang diterima, Senin (31/10/2022).

Maka dari itu, pria membutuhkan produk yang diformulasikan khusus karena biasanya mereka memiliki pori-pori yang lebih besar dibandingkan wanita, kelenjar yang lebih aktif dan ditambah adanya akitivitas shaving.

Hal ini membuat para pria tidak boleh asal memilih produk dan harus menyesuaikan kegunaannya dengan kebutuhan atau masalah kulit wajahnya.

“Jadi, sebelum memilih produk skincare, kenali dahulu tipe kulit, masalah yang dialami, dan solusinya. Bila kesulitan dalam menentukannya, bisa langsung berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin,” kata dr. Annisa.

Berikut 5 rekomendasi skincare pria untuk mengatasi kulit berminyak dan berjerawat:

1. Hauff
Hauff memiliki basic skincare set praktis Hauff yang terdiri dari Face Wash Oil & Acne Control, Advanced Brightening Serum, dan Face Moisturizer with Sunscreen untuk mengatasi kulit wajah berminyak dan berjerawat.

Hauff Face Wash Oil & Acne Control efektif dalam mengatasi jerawat, mengecilkan pori-pori pada wajah, dan mengangkat minyak berlebih tanpa menimbulkan efek kering ketarik karena memiliki active ingredients berupa activated charcoal, niacinamide, salicylic acid, mulberry, dan witch hazel.

2. Kahf
Kahf memiliki dua produk face wash yang bisa mengatasi masalah kulit berminyak dan berjerawat, yaitu Oil and Acne Care dan Oil and Comedo Defense.

Kahf Oil and Acne Care Face Wash Cocok digunakan untuk jenis kulit wajah berminyak dan berjerawat karena mengandung mediterranean sage, french cypress, dan hydro balance yang bermanfaat untuk mengurangi dan mencegah timbulnya jerawat, mengurangi minyak berlebih, dan menjaga kelembapan alami kulit.

3. Garnier Men (Oil Control & Acno Fight)
Garnier Men Oil Control bisa digunakan untuk mengatasi masalah wajah berminyak dan Garnier Men Acno Fight untuk mengatasi wajah berjerawat.

Garnier Men Oil Control memiliki berbagai varian lagi, seperti Icy Scrub Cleanser, Cooling Foam Cleanser, Turbo Light Oil Control Matcha Deep Clean Foaming Gel, 3-in-1 Charcoal Facial Wash, dan Bright + Oil Control Super Duo Foam yang bisa kalian pilih sesuai selera dan kebutuhan.

4. His Erha
His Erha memiliki produk perawatan wajah pria yang dibutuhkan untuk meredakan jerawat dan mengatasi kulit berminyak, yaitu Gentle Acne Facial Wash, Gentle Acne Essence All In One with Zinc Gluconate & Salicylic Acid, Acne Guard Cream.

Ketiga produk tersebut berfokus pada masalah jerawat. Gentle Acne Facial Wash diformulasikan khusus untuk pria dengan kulit berminyak yang berfungsi untuk membersihkan wajah dan mengatasi masalah jerawat.

5. Nivea Men (Acne Oil Clear & Bright Oil Clear)
Terdapat dua produk Nivea Men, yaitu Personal Care Men White Oil Clear Anti Shine + Purify Cooling Foam untuk mengatasi wajah berminyak dan Personal Care Men Acne Oil Clear Acne Defense Foam untuk mengatasi wajah berjerawat.

Personal Care Men White Oil Clear Anti Shine + Purify Cooling Foam merupakan pembersih wajah dengan kandungan karbon aktif dan Whitinat Complex yang menyerap kotoran dan minyak berlebih hingga ke pori-pori, mengangkat komedo, dan mencerahkan kulit sepuluh kali lebih baik.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1227 seconds (0.1#10.140)