Sandiaga Uno Sampaikan Belasungkawa Atas Tragedi Itaewon

Senin, 31 Oktober 2022 - 22:40 WIB
loading...
Sandiaga Uno Sampaikan Belasungkawa Atas Tragedi Itaewon
Menparekraf Sandiaga Uno menyampaikan belasungkawa atas tragedi Itaewon. Tragedi yang terjadi pada Sabtu, 29 Oktober 2022 ini menyebabkan 154 meninggal dunia. Foto/Arif Julianto
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan belasungkawa atas tragedi Itaewon di Korea Selatan. Tragedi yang terjadi pada Sabtu, 29 Oktober 2022 ini menyebabkan 154 korban meninggal dunia.

Selain korban meninggal dunia, tragedi Itaewon tersebut juga menyebabkan korban luka. Karena itu, sebagai bentuk solidaritas, Sandiaga tak lupa mengucapkan belasungkawa kepada keluarga korban yang ditinggalkan.

"Sebagai bentuk solidaritas dan atas nama Kemenparekraf serta bangsa Indonesia, saya menyampaikan belasungkawa," kata Sandiaga dalam Weekly Press Brief with Sandiaga Uno secara virtual, Senin (31/10/2022).

Tragedi Itaewon tersebut diketahui karena banyaknya orang yang mengunjungi lokasi tersebut untuk menggelar perayaan Halloween. Hal itu menyebabkan banyak orang terjatuh dan terinjak-injak hingga mengalami gagal jantung dan meninggal dunia.



Di sisi lain, dari ratusan korban luka, dijelaskan Sandiaga bahwa dua di antaranya adalah warga negara Indonesia (WNI). Dia pun meminta masyarakat bisa belajar dari tragedi Itaewon agar kejadian serupa tidak terjadi di Indonesia.

Sementara guna mengantisipasi itu semua, Sandiaga menugaskan Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf Rizky Handayani Mustafa untuk melakukan evaluasi dan sosialisasi khususnya dalam penyelenggaraan acara agar tidak terjadi over capacity.

"Saya tugaskan ibu Rizky Handayani, melakukan evaluasi dan sosialisasi kepada pelaku event untuk betul-betul mematuhi carrying capacity, early warning system, ketersediaan jalur evakuasi, dan ketersediaan CPR," tandasnya.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3742 seconds (0.1#10.140)