Music 20 Summit Berupaya Bantu Pemerintah Mengamplifikasi Empat Pesan dalam G20

Rabu, 02 November 2022 - 08:26 WIB
loading...
Music 20 Summit Berupaya Bantu Pemerintah Mengamplifikasi Empat Pesan dalam G20
Music 20 Summit berupaya membantu pemerintah dalam rangka mengamplifikasi empat pesan yang dibawa Indonesia dalam G20. / Foto: Thomas Manggalla
A A A
JAKARTA - Masyarakat musik melalui Music20 (M20) telah membahas berbagai isu dalam dunia musik guna menguatkan isu utama Presidensi G20 Indonesia, yakni Arsitektur Kesehatan Global, Transisi Energi, Transformasi Ekonomi Digital, dan Krisis Pangan.

Salah satu Ketua Komite Pelaksana, Tantowi Yahya menjelaskan bahwa melalui Music 20 Summit ini pihaknya berupaya membantu pemerintah dalam rangka mengamplifikasi empat pesan yang dibawa Indonesia dalam G20.

"Di dalamnya membahas mulai dari hak intelektual, keberlangsungan industri musik yang adil dan inklusif, transformasi digital berkelanjutan dalam industri musik, hingga soal konser ramah lingkungan, dan soal kesejahteraan pekerja kreatif," papar Tantowi di Jakarta, Selasa, 1 November 2022.

Baca juga: Iwan Fals Serukan Pentingnya Kesejahteraan Musisi di Konser M20

Menurutnya, hasil konkret yang ditargetkan adalah ajakan bertindak, bagaimana transformasi digital industri musik dapat mendorong kontribusi positif bagi perekonomian negara G20.

"M20 Summit dan peta jalan menuju industri musik yang berkelanjutan, membuka peluang ekonomi yang inklusif dan adil, konser ramah lingkungan, dan mainstreaming pendidikan musik," ujar Tantowi.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Komite Pelaksana lainnya, Candra Darusman mengatakan, peran masyarakat musik mengangkat isu penting adanya perubahan iklim.



"Kedua, kalau bisa kegiatan musik itu ramah lingkungan seperti konser penonton enggak boleh minum dari botol plastik air mineral tapi bawa tumbler sendiri. Kemudian energi yang digunakan kalau bisa tenaga sollar, dan transformasi digital dalam hal ini transparansi diangkat diwujudkan, pembagian remunerasi royalti diperbaiki lagi," bebernya.

Sementara, Co-chairs Music20 (M20) Triawan Munaf mengungkapkan, musik sebagai salah satu subsektor penting di dunia sangat disadari perusahaan BUMN memegang peranan vital.

Baca juga: Aura Kasih Harus Berjuang Keras Menghafal Skenario saat Comeback Bermain Film

"Apalagi dikaitkan presidensi di G20, momentum meneriakkan peran musik yang tidak seragam. Musik sebuah subsektor ekonomi kreatif," kata Triawan.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1667 seconds (0.1#10.140)