Ini Tips Mudah agar Anak Terhindar dari Gangguan Ginjal Akut

Rabu, 02 November 2022 - 10:22 WIB
loading...
Ini Tips Mudah agar Anak Terhindar dari Gangguan Ginjal Akut
Langkah pencegahan ini mudah dilakukan lantaran pola hidup sekarang sudah terbiasa dengan protokol kesehatan. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Gangguan ginjal akut pada anak membuat orang tua semakin berhati-hati pada anaknya. Penyakit ini diduga terjadi karena obat sirup yang tercemar etilen glikol.

Dengan jumlah kasus yang terus berkembang hingga 300 lebih, orang tua pun berupaya melakukan pencegahan agar anaknya tidak terkena masalah kesehatan tersebut.

Dokter spesialis anak , dr. M. Ramdhani Yassien, MMRS, Sp. A, pun memberikan kiat-kiat untuk mencegah anak terdampak gangguan ginjal akut.

Baca juga: Kemenkes Siapkan 151 Nakes untuk Tingkatkan Akses Pelayanan Kesehatan di Pelosok Tanah Air

Menurutnya, langkah pencegahan ini mudah dilakukan lantaran pola hidup sekarang sudah terbiasa dengan protokol kesehatan. Kemudian, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), hal yang jamak dilakukan sejak pandemi Covid-19 mendera.

Penerapan prokes dan PHBS, sudah menjadi dasar pencegahan setiap penyakit, termasuk gagal ginjal akut misterius.

Dokter Ramdhani pun membeberkan rincian langkah pencegahannya sebagai berikut:

1. Protokol kesehatan

2. Rajin minum air putih

3. Imunisasi lengkap

4. Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)



"Jadi faktor risikonya bisa dihindari dengan pola hidup sehat, jaga kebersihan dan banyak minum, serta imunisasi lengkap. Yang familiar seperti dua tahun ini adalah prokes, jadi kembali lagi pada PHBS ya," jelas dr. Ramdhani dari RSUP Persahabatan dalam Siaran Sehat di Radio Kesehatan, dikutip Rabu (2/11/2022).

Sebelumnya, dr. Ramdhani juga telah mengemukan kenapa tidak semua anak mengalami gangguan ginjal akut usai minum obat sirup.

Menurutnya, ada dua faktor kemungkinan yang memengaruhi anak tidak atau bisa mengalami gagal ginjal akut misterius.

Baca juga: Kenapa Tidak Semua Anak Alami Gangguan Ginjal Akut usai Minum Obat Sirup?

"Anak minum obat sirup tapi enggak kenapa-kenapa? Mungkin masalahnya dari perubahan anaknya sendiri untuk timbul penyakit itu, adanya host agent atau masalah pada orangnya sendiri atau masalah di environment (lingkungan)," ungkapnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2124 seconds (0.1#10.140)