3 Area Tubuh yang Kram saat Terkena Kolesterol Tinggi, Salah Satunya di Betis

Kamis, 03 November 2022 - 06:30 WIB
loading...
3 Area Tubuh yang Kram saat Terkena Kolesterol Tinggi, Salah Satunya di Betis
Ada tiga area tubuh yang kram saat terkena kolesterol tinggi. Rasa kram yang muncul harus diwaspadai lantaran bisa membuat penderitanya kesulitan beraktivitas. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada tiga area tubuh yang kram saat terkena kolesterol tinggi . Rasa kram yang muncul harus diwaspadai lantaran bisa membuat penderitanya kesulitan beraktivitas dan tanda komplikasi.

Meskipun kolesterol tinggi biasanya tidak disertai dengan gejala, hal itu dapat menyebabkan perubahan tertentu pada tubuh yang dapat memicu rasa sakit dan ketidaknyamanan. Misalnya, kolesterol tinggi dapat membahayakan arteri yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit arteri perifer (PAD).

PAD adalah kondisi peredaran darah yang terkait dengan penyempitan arteri, yang menyebabkan penurunan aliran darah ke anggota badan. Ketika seseorang menderita penyakit ini, lengan dan biasanya kakinya tidak mendapatkan aliran darah yang cukup untuk menjalankan fungsinya.

Menurut Mayo Clinic, hal ini paling sering disebabkan oleh aterosklerosis, suatu kondisi yang terkait dengan penumpukan lemak, kolesterol dan zat lain di dalam dan di dinding arteri. Oleh karena itu, jika kadar kolesterol terlalu tinggi, itu menumpuk di dinding arteri, secara bertahap menyebabkan aterosklerosis dan kemudian PAD.



Dilansir dari Times of India, Kamis (3/11/2022), The American Heart Association (AHA) menyatakan bahwa gejala paling umum dar PAD adalah kram otot yang menyakitkan di pinggul, paha atau betis saat berjalan, menaiki tangga atau berolahraga.

"Rasa sakit PAD sering hilang ketika Anda berhenti berolahraga, meskipun ini mungkin memakan waktu beberapa menit. Otot yang bekerja membutuhkan lebih banyak aliran darah. Otot yang beristirahat dapat bertahan dengan lebih sedikit," kata AHA.

Selain kram di pinggul, paha dan betis, PAD juga memiliki beberapa gejala umum lainnya yang harus diketahui. Di antaranya mati rasa atau kelemahan pada kaki, luka di jari kaki, kaki atau tungkai, yang sepertinya tidak sembuh-sembuh.

Perubahan warna kaki, rambut rontok, gangguan pertumbuhan rambut dan kuku kaki, lemah atau tidak ada denyut nadi di tungkai dan kaki, pria mengalami disfungsi ereksi dan sakit dan kram di lengan.



Membuat pilihan gaya hidup yang tepat dapat membantu mengurangi kadar kolesterol, sekaligus meningkatkan kesehatan jantung Anda. Seperti halnya batasi asupan lemak jenuh yang ditemukan dalam daging merah dan produk susu penuh lemak.

Hindari konsumsi lemak trans, tingkatkan asupan asam lemak omega-3 Anda, perbanyak makan makanan berserat, manjakan diri dalam berbagai aktivitas fisik dan tidak merokok atau minum alkohol.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3957 seconds (0.1#10.140)