Varian Baru Covid-19 Muncul Lagi, Jaga Daya Tahan Tubuh dengan 4 Hal Ini

Jum'at, 04 November 2022 - 22:02 WIB
loading...
Varian Baru Covid-19 Muncul Lagi, Jaga Daya Tahan Tubuh dengan 4 Hal Ini
Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi hadirnya Covid-19 varian baru XBB adalah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas. / Foto: ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Covid-19 varian baru XBB saat ini sedang menjadi perhatian. Pasalnya, varian tersebut menyebabkan kenaikan kasus yang signifikan di berbagai negara, termasuk Singapura.

Kementerian Kesehatan dalam konferensi pers virtual, Jumat (4/11/2022), menyebutkan jika sudah terdapat 12 kasus varian XBB di Indonesia.

Meskipun varian XBB tidak mengakibatkan gejala berat, namun kecepatannya dalam menular tetap patut diwaspadai.

Baca juga: Masuk Kelompok Rentan Covid-19, Ibu Hamil Disarankan Segera Vaksin

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mengantisipasinya adalah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSUI, dr. Muhammad Hafiz Aini, S. PD, mengatakan, banyak aspek yang diperlukan tapi hal utama adalah bikin diri sendiri tetap happy.

Kemudian, ditambah dengan asupan sehat sebagai penunjang sistem imunitas tubuh.

"Sebenarnya itu imun dibuat oleh badan. Maka kita harus happy tapi banyak aspek juga kita siapkan," tegas dr. Hafiz dalam Instagram Live Okezone bertajuk Kenali XBB, Varian Baru Covid-19 Lebih Menular dari Omicron?, Jumat (4/11/2022).



Menurutnya, empat aspek yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan imunitas tubuh, yakni happy, jaga asupan sehat (seperti Isi Piringku), olahraga, dan mengonsumsi vitamin.

Keempat hal tersebut sangat penting untuk rutin dilakukan. Jadi bukan hanya mengonsumsi vitamin C atau suplemen tertentu, seperti yang banyak dipersepsikan masyarakat.

Baca juga: Kemunculan Varian Baru Covid-19 Ingatkan Masyarakat Segera Vaksin Booster

"Banyak bahan, bukan hanya perlu vitamin, tapi juga butuh karbo, protein, atau seimbang. Sehingga kita perlu siapkan gizi seimbang atau lihat isi piringku itu," terang dr. Hafiz.
(nug)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2653 seconds (11.210#12.26)