5 Efek Buruk Kalau Terlalu Sering Makan Nasi Padang

Minggu, 06 November 2022 - 13:31 WIB
loading...
5 Efek Buruk Kalau Terlalu Sering Makan Nasi Padang
Nasi padang yang merupakan sebutan bagi menu nasi dicampur aneka lauk khas Minangkabau merupakan salah satu jenis sajian Nusantara yang populer. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Nasi padang yang merupakan sebutan bagi menu nasi dicampur aneka lauk khas Minangkabau merupakan salah satu jenis sajian Nusantara yang populer. Kepopuleran itu didapat berkat cita rasanya nan lezat, yang berasal dari rempah-rempah yang digunakan.

Rendang termasuk salah satu menu yang kerap ada dalam sajian nasi padang. Olahan daging sapi ditambah santai itu merupakan menu andalan nasi padang yang dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia sejak 2011 hingga saat ini.

Namun, di balik kelezatannya, mengonsumsi nasi padang secara berlebihan juga bisa memberikan efek yang mengancam kesehatan. Berikut lima efek buruk yang bisa timbul kalau Anda terlalu sering makan nasi padang.

1. Berat Badan Naik

Nasi padang terkenal dengan ragam menu serta porsinya yang besar. Jika Anda menyantapnya langsung di restoran, biasanya seluruh menu yang ada bakal disajikan di atas meja, sehingga secara tidak sadar konsumen menjadi kalap untuk menyantap semua jenis menu yang dihidangkan.

Menurut survei Fat Secret, sepiring nasi padang biasanya mengandung sekitar 838 kalori jika menu yang dipilih adalah ayam atau rendang, dan akan berubah tergantung pilihan menu yang dimakan.

Akibatnya, asupan kalori serta lemak harian yang masuk ke dalam tubuh tidak terkontrol dan berlebihan. Hal itulah yang menyebabkan berat badan mudah naik.

2. Kolesterol Tinggi

Hampir seluruh menu khas di nasi padang dimasak menggunakan santan yang tinggi lemak, lalu ditambah jenis lemak lain seperti dari jeroan, kambing, gorengan, makanan laut, dan sebagainya. Sehingga, dapat dikatakan bahwa nasi padang mengandung kolesterol tingkat tinggi, terutama jenis low density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat. Oleh karena itu, disarankan mengonsumsi buah serta sayur untuk mengimbanginya.

3. Hipertensi
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2333 seconds (11.210#12.26)