Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami, Ampuh dalam Semalam

Senin, 07 November 2022 - 07:08 WIB
loading...
Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami, Ampuh dalam Semalam
Cara mengobati asam urat bisa dilakukan dengan alami. Cara ini terbukti ampuh mengatasi asam urat yang tinggi dalam semalam dan aman dibandingkan obat kimia. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Cara mengobati asam urat bisa dilakukan dengan alami. Cara ini terbukti ampuh mengatasi kadar asam urat yang tinggi dalam darah hanya dalam semalam dan lebih aman dibandingkan mengonsumsi obat kimia.

Asam urat adalah radang sendi yang menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan, seringkali di jari kaki, pergelangan kaki, dan lutut. Membuat perubahan pola makan dapat membantu mengurangi kadar purin dan kemungkinan risiko mengalami asam urat.

Asam urat terjadi ketika tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat. Asam ini adalah produk sampingan ketika tubuh memecah purin yang ditemukan dalam makanan. Kelebihan asam urat akan membentuk kristal, yang dapat disimpan tubuh di semua jaringan.

Namun, kristal yang menumpuk di dalam dan sekitar persendian, menyebabkan iritasi, peradangan, dan ketidaknyamanan. Kristal juga dapat membentuk pertumbuhan di sekitar sendi yang terkena. Berikut cara mengobati asam urat secara alami dilansir dari Medical News Today, Senin (7/11/2022).



1. Minum Banyak Air


Ketika seseorang menderita asam urat, mereka dapat mengalami pembengkakan dan peradangan yang signifikan. Salah satu cara untuk mengurangi gejala adalah dengan minum lebih banyak air. Meningkatkan konsumsi cairan dapat memulai ginjal seseorang untuk melepaskan kelebihan cairan, mengurangi pembengkakan pada orang dengan asam urat.

Air adalah yang terbaik. Namun, cairan bening lainnya, seperti kaldu dan teh herbal, juga merupakan pilihan yang baik. Penderita asam urat harus menghindari alkohol dan soda, yang tinggi purin.

2. Kompres Es

Menerapkan kompres es berlapis kain ke persendian dapat membantu mengurangi peradangan terkait asam urat. Coba gunakan kompres es atau benda dingin lainnya yang dibungkus handuk tipis selama 20-30 menit untuk membantu menghilangkan rasa sakit.

3. Mengurangi Stres

Stres yang meningkat dapat memperburuk gejala asam urat. Meskipun tidak selalu mungkin untuk menghilangkan semua sumber stres, namun Anda bisa melakukan dengan cara olahraga jika rasa sakit tidak membatasi gerakan, meminta cuti dari pekerjaan, membuat jurnal atau membaca buku favorit, meditasi dan Istirahat yang cukup.

4. Mengangkat Tubuh

Asam urat dapat menyebabkan rasa sakit dan bengkak, terutama di kaki, tangan, lutut, dan pergelangan kaki. Salah satu cara untuk mengurangi pembengkakan adalah dengan mengangkat sendi yang terkena. Ini akan mendorong darah dan cairan untuk menjauh dari sendi dan kembali ke jantung.

Anda juga dapat menggunakan kompres es sambil mengangkat bagian tubuh yang terasa sakit untuk mengurangi gejala asam urat.



5. Minum Kopi

Beberapa orang percaya minum kopi dapat menurunkan risiko mengalami asam urat. Penelitian yang dirilis pada 2016 menunjukkan bahwa mereka yang minum lebih banyak kopi cenderung tidak menderita asam urat. Ini mungkin karena kopi dapat menurunkan kadar asam urat.

6. Makan Makanan Seimbang

Diet seimbang yang mengandung berbagai makanan padat nutrisi dan diproses minimal dapat membantu menurunkan kadar asam urat dan mengurangi risiko seseorang terkena penyakit ini. Pola makan nabati memberikan manfaat untuk mereka yang menderita asam urat. Konsumsi banyak buah dan sayuran kaya akan antioksidan juga dapat membantu mengurangi peradangan.

7. Minum Air Lemon

Sebuah penelitian yang dirilis pada 2015 menemukan bahwa menambahkan jus dari dua lemon segar ke 2 liter air setiap hari mengurangi asam urat pada darah. Para peneliti menyimpulkan bahwa air lemon membantu menetralkan asam urat dalam tubuh, sehingga membantu mengurangi kadar.

8. Batasi Asupan Alkohol

Menurut Arthritis Foundation, minum lebih dari dua minuman berbasis minuman keras atau dua bir per hari meningkatkan risiko asam urat seseorang. Bir tinggi purin, sehingga menghindarinya sangat dianjurkan bagi penderita asam urat.

9. Hindari Daging Tinggi Purin

Beberapa daging mengandung purin dalam jumlah tinggi. Menghindari ini dapat membantu mengurangi gejala asam urat. Adapun jenis daging tinggi purin di antaranya adalah daging sapi muda, jeroan, ikan teri, sarden, kerang, ikan haring, ikan trout dan lainnya.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1398 seconds (0.1#10.140)