5 Buah yang Bisa Memicu Asam Urat, Kenali dan Waspadai!

Jum'at, 04 November 2022 - 16:56 WIB
loading...
5 Buah yang Bisa Memicu Asam Urat, Kenali dan Waspadai!
Terdapat cukup banyak faktor yang mengakibatkan munculnya asam urat. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat cukup banyak faktor yang mengakibatkan munculnya asam urat . Salah satu di antaranya adalah pola makan atau asupan yang diterima tubuh sehari-harinya, termasuk buah .

Meski banyak mengandung manfaat bagi tubuh, sebagian buah juga diketahui bisa memicu bahkan memperparah asam urat. Hal ini biasanya terjadi pada jenis buah yang tinggi fruktosa dan beberapa kandungan lainnya.

Baca juga : Asam Urat Kambuh? Begini Cara Mengobatinya

Berikut lima buah yang bisa memicu munculnya asam urat pada seseorang,

1. Apel

Apel merupakan salah satu buah yang banyak disukai. Selain memiliki rasa yang enak dan kandungan bermanfaat, apel juga diketahui bisa menjadi pemicu asam urat.

Dikutip dari laman Live Strong, Apel mengandung sejumlah besar fruktosa gula alami. Menurut sebuah penelitian yang terbit di British Medical Journal di tahun 2008, asupan fruktosa tinggi dari buah-buahan seperti apel dikaitkan dengan risiko asam urat yang besar pada pria.

Adapun alasannya sendiri karena fruktosa bisa meningkatkan kadar asam urat pada seseorang. Maka dari itu, Anda bisa mencegahnya dengan melakukan konsultasi kepada dokter tentang pola konsumsi yang dianjurkan.

2. Anggur

Berikutnya ada Anggur. Sama halnya dengan Apel, buah ini juga memiliki kandungan fruktosa dan berhubungan dengan asam urat. Dikutip dari laman Everyday Health, sebenarnya tak masalah untuk mengonsumi buah ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1705 seconds (0.1#10.140)