Tak Harus Mahal, Membuat Minuman Enak dan Fancy ala Jaka Pratama

Senin, 07 November 2022 - 21:49 WIB
loading...
Tak Harus Mahal, Membuat Minuman Enak dan Fancy ala Jaka Pratama
Jaka Pratama membagikan cara membuat makanan fancy di Buddyku. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Minuman dengan aneka rasa menjadi jajanan populer yang banyak dicari pagi, siang, malam, oleh berbagai kalangan. Jenis minuman pun semakin berkembang lewat inovasi dan kreativitas yang dibawa oleh para pelaku industri di dalamnya. Salah satunya lewat ide-ide kreatif Jaka Pratama, seorang konten sekaligus beverage creator, yang membagikan tips meracik minuman dengan berbagai bahan.

Konten yang dibagikan Jaka semakin spesial karena ia mampu menciptakan minuman yang tidak biasa dan kerap dianggap mewah, menggunakan bahan-bahan sederhana yang mudah dijumpai di sekitar. Sebut saja Sangria, minuman ala Spanyol yang biasa dijumpai di kafe dan hotel mewah, diracik oleh Jaka menggunakan minuman energi sachet yang bisa dibeli di warung atau minimarket.

Hanya dengan menambahkan kental manis sachet, jeruk nipis, dan potongan jeruk, puluhan ribu followers Jaka di media sosial bisa langsung mencoba membuat Sangria di rumah tanpa alkohol dengan rasa yang tidak kalah nikmat.

Baca Juga : Minuman Arak Bali Resmi Ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia 2022

Pencapaian Jaka Pratama ini bukan tanpa usaha dan membutuhkan perjalanan yang panjang. Jaka memulai ketertarikan dengan dunia F&B (Food and Beverage) saat belajar ilmu perhotelan. Berawal dari coba-coba, Jaka menemukan passionnya saat mulai meracik minuman.

Mulai dari membuat layer minuman, belajar menjadi pramusaji, hingga mempelajari ilmu tentang kopi dan cara menjadi barista. Jaka kemudian melanjutkan studinya dengan magang di sebuah hotel di Malaysia. Dari situ ia semakin mendalami tentang mixology, atau metode membuat minuman dengan mencampurkan berbagai bahan dan rasa.

Sepulangnya dari Malaysia, Jaka berlanjut mendalami ilmu tentang kopi. Ia bahkan tidak ragu untuk belajar dengan petani kopi secara langsung ketika bingung mengetahui ada banyak persepsi tentang kopi. Dengan bekal ilmu yang telah diraih, Jaka kemudian membagikannya lewat video sederhana di media sosial. Tak disangka, lewat tantangan iseng dari seorang teman, Jaka kemudian terinspirasi untuk menciptakan ide-ide minuman baru yang relate atau dekat dengan banyak pengguna media sosial.

Salah satu konten yang melejit dan disukai banyak orang, adalah ketika Jaka membuat latte art menggunakan minuman sachet. Hasil yang memukau dengan bahan ala kadarnya ini sukses menarik hati lebih dari 70 ribu pengikut di instagram @jak_prtm. Namun tantangan tidak berhenti di situ.

Memulai karier sebagai konten kreator, Jaka harus mengorbankan pekerjaannya yang lain. Selain itu, menghadirkan ide minuman unik sebagai konten juga bukan perkara mudah. Untuk menciptakan satu jenis minuman, saja, awalnya Jaka menghabiskan waktu sekitar 4 hingga 5.

hari. Mulai dari mencari ide, mencoba resep dengan segala trial dan error, merekam video untuk konten, hingga akhirnya bisa tayang di media sosial.Perlahan Jaka mengasah kemampuannya lewat belajar dari kesalahan hingga saat ini ia hanya butuh waktu 2 hari untuk menciptakan sebuah konten minuman yang menarik.

Baca Juga : Menikmati Panorama dan Sederet Sajian Mewah Sekaligus di Kita Bar Park Hyatt Jakarta

Pria yang memiliki minuman favorit Cappuccino dan Negroni ini bermimpi, suatu saat ia bisa berkeliling menjelajah ke berbagai hotel atau kafe dengan konsep take-over bar sambil melayani dan bercerita mengenai minuman yang ia bawa.

Jaka Pratama hanya satu dari sekian banyak Superbuddies yang telah diwawancarai BuddyKu. Kalau kalian penasaran dengan cerita lain dari Jaka Pratama, segera download BuddyKu ya di App Store dan Play Store ya Buddies. Dapatkan akses ribuan berita gratis setiap harinya dan rewards untuk kamu yang bikin content di BuddyKu. Tunggu apalagi, yuk download BuddyKu, Gratis!
(wur)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1394 seconds (11.252#12.26)